2 Hari Pascakejadian, Warga Masih Bersihkan Puing-puing Bangunan Akibat Amukan Angin Puting Beliung

Dua hari pascakejadian bencana angin puting beliung di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, sejumlah warga masih membersihkan sisa puing-puing

2 Hari Pascakejadian, Warga Masih Bersihkan Puing-puing Bangunan Akibat Amukan Angin Puting Beliung
TRIBUN JABAR/HAKIM BAIHAQI
Dua hari pascakejadian bencana angin puting beliung di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, sejumlah warga masih membersihkan sisa puing-puing bangunan yang berserakan, Minggu (13/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dua hari pascakejadian bencana angin puting beliung di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, sejumlah warga masih membersihkan sisa puing-puing bangunan yang berserakan.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar di Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Minggu (13/1/2019), terlihat bergotong royong mengangkut puing - puing bangunan yang berserakan di halaman hingga ruas jalan.

Sebagian besar puing - puing yang berserakan di halaman serta ruas jalan, yakni bagian atap rumah, kayu, kaca, hingga baja ringan.

Ridwan (43), mengatakan, akibat angin puting beliung tersebut, seluruh bagian depan rumah mengalami kerusakan akibat yang terjadi pada Jumat sore (11/1/2019) selama waktu 15 menit.

"Atap depan semua hancur, tidak tersisa, sekarang mencoba perbaiki saja pakai yang tersisa," kata Ridwan di Perumahan Rancaekek Permai 2, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Minggu (13/1/2019).

Warga lainnya, Jati Karsijati (63), mengatakan, akibat kejadian musibah angin puting beliung tersebut, kerugian yang ia taksir mencapai puluhan juta rupiah dan saat ini rumahnya sementara waktu tidak bisa ditempati.

"Depan belakang rusak, tembok roboh juga. Sekarang saya mengungsi di Masjid Al Ikhlas," katanya.

Tak hanya warga, personel Kepolisian Resor (Polres) Bandung, disiagakan untuk membantu membersihkan puing - puing bangunan pascakejadian angin puting beliung di Perumahan Rancaekek Permai 2

Dari informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, sebanyak 160 personel dari 25 polsek di Kabupaten Bandung dikerahkan untuk penanganan pascabencana, 46 anggota Brimob Polda Jabar, dan 100 orang anggota TNI.

Bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jumat (11/1/2019) sore, merusak ratusan rumah di tiga desa, yakni Kelurahan Rancaekek Kencana, Desa Jelegong, dan Desa Bojongloa.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, angin puting beliung yang terasa oleh warga ditiga desa, terjadi pada pukul 15.15 hingga 15.30.

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, 754 rumah mengalami kerusakan, 24 orang luka ringan, dan tiga orang luka berat.

Angin Puting Beliung Melanda Sejumlah Kawasan, Ternyata Sudah Diramalkan Roy Kiyoshi

Ini Komentar Pelatih Diklat Persib Bandung Soal Dipanggilnya Syafril Lestaluhu ke Timnas U-22

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved