Ini Dia Fitur Aplikasi Dr Tania, Dirancang Semudah Mungkin untuk Memudahkan Para Petani

Dr Tania akan memberitahukan bagaimana menggunakan pupuk yang efisien, bagaimana penanggulangan penyakit yang tepat, dan bagaimana dosis obat.

Ini Dia Fitur Aplikasi Dr Tania, Dirancang Semudah Mungkin untuk Memudahkan Para Petani
Tribun Jabar/ Resi Siti Jubaedah
Aplikasi Dr Tania memudahkan petani mengidentifikasi penyakit melalui foto daun pada tanaman. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Resi Siti Jubaedah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dr Tania merupakan aplikasi berbasis chatbot untuk mengidentifikasi penyakit tanaman secara automatis, melalui foto daun pada tanaman.

Melalui aplikasi Dr Tania, para petani dapat lebih mudah mengidentifikasi penyakit yang diderita tanaman, melalui foto daun pada tanaman.

Selain itu, Dr Tania akan memberitahukan bagaimana menggunakan pupuk yang efisien, bagaimana penanggulangan penyakit yang tepat, dan bagaimana dosis obat yang tepat untuk tanaman.


Aplikasi ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), sehingga dapat mengidentifikasi dengan akurat dan cepat. Dengan chatbot, petani dan pengguna bisa memakai aplikasi dengan lebih mudah dan interaktif.

Dengan berbasis chatbot, ketika membuka aplikasi Dr Tania, akan ada dua menu pilihan, yaitu menu 'Baca' dan 'Identifikasi'.

"Di menu 'Baca', petani dapat membaca katalog yang Dr Tania sediakan, tentang 100 tanaman beserta 1000 penyakit pada tanaman," ujar satu dari empat founder Dr Tania, Lintang Kusuma Pratiwi, di LPIK ITB, Jalan Ganeca No.15, Bandung, Jumat (11/1/2019).

Toyota Avanza Baru, Resmi Dikeluakan Tiga Hari Lagi, Harga Tak Beda Jauh dengan yang Lama

Tak hanya itu, petani juga akan mendapatkan informasi komoditas budidaya seperti apa, dan beberapa cara mengendalikan penyakit pada tanaman.

Pada menu 'Identifikasi, petani dapat mengidentifikasi penyakit pada tanaman, melalui foto dari daun pada tanaman.

Halaman
123
Penulis: Resi Siti Jubaedah
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved