Banyaknya Alih Fungsi Lahan Pertanian jadi Lahan Hunian, Pemerintah Segera Buat Perda Sawah Abadi

Menurut Uu, Perda tersebut setidaknya bisa menjaga lahan produktif agar tidak beralih fungsi sehingga bisa menjaga produktifitas pertanian yang ada di

Banyaknya Alih Fungsi Lahan Pertanian jadi Lahan Hunian, Pemerintah Segera Buat Perda Sawah Abadi
TRIBUN JABAR/ZELPHI
Ilustrasi Lahan Pertanian 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Semakin banyaknya alih fungsi lahan pertanian yang menjadi lahan hunian, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan, akan segera membuat peraturan daerah tentang sawah abadi.

Menurut Uu, Perda tersebut setidaknya bisa menjaga lahan produktif agar tidak beralih fungsi sehingga bisa menjaga produktifitas pertanian yang ada di Jabar.

"Mengenai banyaknya alih fungsi lahan pertanian, nanti akan ada Perda Sawah Abadi," kata mantan bupati Tasikmalaya tersebut saat mendampingi kunjungan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Desa Kiara Jangkung, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (11/1/2019) kemarin.


Selain itu dari segi SDM pertanian, lanjut Uu, Pemprov Jabar akan mendirikan sekolah kejuruan negeri pertanian di kota dan kabupaten yang ada.

"Sekolah itu nantinya akan diberi ilmu teknologi pertanian agar anak milenial melek pertanian," kata mantan Bupati Tasikmalaya itu.

Sementara di Kabupaten Tasikmalaya, Kepala dinas pertanian, Roni Ahmad Syahroni, mengatakan, sebagai upaya karena banyaknya lahan produktif yang beralih fungsi menjadi lahan hunian setiap tahunnya, pemkab mencetak lahan sawah baru.

Angkasa Expo 2019 Digelar di BTC Bandung, Danlanud Husein Sastranegara Hadiri Pembukaannya

"Upaya dari pemerintah daerah dan pusat dalam hal ini melalui pencetakan lahan sawah baru yang dalam 3 tahun terakhir sudah mencapai sekitar 323 hektare," kata Roni.

Selama tiga tahun terakhir tersebut diantaranya, 100 hektar lahan sawah baru di tahun 2016, kemudian 123 hektare, lalu pada 2018, pemkab mencetak lahan baru seluas 100 hektare.

Grace Natalie Sindir Kampanye Prabowo-Sandi yang Disebut Penuh Kebohongan, Sebutkan Daftarnya

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved