Untuk Kenalkan Kembali Produksi Pertanian, Menteri Pertanian Segera Launching Santri Tani Milenials

Demi mencetak bibit petani berkualitas di kalangan santri, tahun ini Kementerian Pertanian berencana akan membentuk Santri Tani Millenials.

Untuk Kenalkan Kembali Produksi Pertanian, Menteri Pertanian Segera Launching Santri Tani Milenials
TRIBUN JABAR/ISEP HERI HERDIANSAH
Menteri Pertanian, Amran Sulaeman menyuapi santri cilik saat melakukan kunjungan ke Desa Kiarajangkung, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (11/1/2019) siang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Demi mencetak bibit petani berkualitas di kalangan santri, tahun ini Kementerian Pertanian berencana akan membentuk Santri Tani Millenials.

"Kami akan launching mungkin dua minggu ke depan, karena kita kan banyak pesantren-pesantren yang dimana terutama di desa-desa. Untuk launching mungkin bisa di Tasikmalaya karena kita kenal sebutannya saja kota santri. Pastinya akan berawal dari Jawa Barat," kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman saat ditemui sesaat sebelum meninggalkan Taaikmalaya, Jumat (11/1/2019) Siang.

Keberadaan pesantren dan banyaknya santri dianggap Menteri Amran bisa sangat berpotensi untuk mengenalkan kembali pertanian yang mulai banyak ditinggalkan kaum milenial khususnya.

Melalui program Santri Tani Millenials ini, nantinya, jelasnya, para santri akan ditempa untuk menerapkan sistem pertanian yang modern dibawah bimbingan kementerian.

Santri Tani Milenials nanti akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan teknis mengenai pertanian kekinian.

"Pesantren-pesantren mereka punya lahan yang nanti akan dioptimalkan dan digarap santri-santri untuk mewujudkan pertanian yang modern. Sehingga pertanian menjadi kuat, tercetak petani-petani yang andal dan unggul," ucapnya.

Diakuinya, untuk dewasa ini visi melahirkan petani unggul memang cukup ironi di tengah semakin banyaknya alih fungsi lahan karena kebutuhan dsn kemajuan zaman.

"Karena tidak dipungkiri pergantian lahan terjadi maka santri juga tidak hanya diberi pembekalan bercocok tanam tetap juga pembudidayaan hewan ternak semisal ayam atau lainnya," katanya.

Dia berharap program yang akan dijalankan bisa terwujud dan bisa merealisasikan semangat bertani di tengah anak muda zaman now.

Kunjungi Tasikmalaya, Menteri Amran Tinjau Keberhasilan Program Pembagian Bibit Ayam Kampung

Dinilai Berhasil, Tahun Ini Mentan Salurkan 20 Juta Ekor Ayam Kampung Petelur pada Warga Miskin

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved