Pendidikan

SMK Penyumbang Pengangguran Tertinggi, Kadisdik Jabar: Revitalisasi Kurikulum Jadi Solusi

SMK Penyumbang Pengangguran Tertinggi, Kadisdik Jabar mengatakan, revitalisasi kurikulum jadi solusi pengangguran di Jabar.

SMK Penyumbang Pengangguran Tertinggi, Kadisdik Jabar: Revitalisasi Kurikulum Jadi Solusi
Tribun Jabar/Hilda Rubiah
Kadisdik Jabar, Dewi Sartika saat menyempaikan pesan dalam pembukaan kegiatan Education Expo 2019 SMAN 20 Bandung, Jalan Citarum No 23 Kota Bandung, Rabu (9/1/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kondisi Jawa Barat saat ini sebagai penyumbang besar angkatan kerja sekaligus penyumbang besar angka pengangguran.

Berdasarkan tingkat pengangguran terbuka berdasarkan pengangguran tingkat pendidikan di Jawa Barat, diduduki oleh SMK sebagai penyumbang paling tinggi, sekitar 16.97 persen agustus 2018.

Sementara itu berbanding lurus dengan pertumbuhan jumlah SMK di Jawa Barat yang terus bertambah berdasarkan data 2018 mencapai 2.846.

Demikian Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika, mengatakan kondisi lulusan SMK di Jabar. Maka, menurutnya peran swasta harus menjadi acuan untuk terus ditingkatkan.

Oleh karenanya, bagaimana pun anggaran pemerintah relatif tidak dapat menyumbang lebih, selain mengandalkan pihak swasta.

"Kalau swasta sudah bisa berperan itu menjadi potensi yang baik, mudah-mudahan ini juga menjadi bagian dari kapasitasnya memberikan kepercayaan kepada maayarakat bahwa swasta juga mampu," ujar Kadisdik Jawa Barat, Dewi Sartika, saat ditemui Tribun Jabar di SMAN 20 Bandung, Rabu (9/1/2019).

Pamilik Kios Terpaksa Berhenti Berdagang Sementara, Sambil Menunggu Kepastian Ganti Rugi

5 Kampung Diterjang Banjir Bandang di Garut, 9 Rumah Terendam dan Ada yang Bergeser hingga 5 Meter

Dewi Sartika mengakui terkait kondisi data di Jawa Barat tersebut memang benar adanya.

Demikian sebagai langkah sigap dan antisipatif, pihaknya telah merevitalisasi kurikulum sekaligus menyusun roadmap menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Di mana kurikulum diperbaiki dan disesuaikan dengan Revolusi Industri 4.0.

Halaman
12
Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved