Pekan Depan, Pemkot Bandung Terapkan Rekayasa Arus Lalin di Jalan Terusan Jakarta & Jalan Sukajadi

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan dan Polrestabes Bandung, akan kembali melakukan rekayasa jalan.

Pekan Depan, Pemkot Bandung Terapkan Rekayasa Arus Lalin di Jalan Terusan Jakarta & Jalan Sukajadi
TRIBUNJABAR.CO.ID/REZEQI HARDAM SAPUTRO
Kondisi arus lalu lintas di Jalan Terusan Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan dan Polrestabes Bandung, akan kembali melakukan rekayasa arus lalu lintas.

Kali ini, rekayasa arus lalu lintas kendaraan akan dilakukan di Jalan Terusan Jakarta dan Jalan Sukajadi.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, penerapan rekayasa arus lalu lintas kedua jalan tersebut akan dilakukan mulai pada pekan depan, di mana terdapat beberapa titik yang menjadi fokus dari rencana tersebut.

Titik itu di antaranya di sepanjang Jalan Arcamanik dan Jalan Jakarta, salah satunya di Jalan Golf Barat yang akan dibuat menjadi satu arah. Kemudian, akses dari Jalan Arcamanik Endah ke Jalan Jakarta, tepatnya di Puri Dago akan dibelokkan menuju jalan besar.

Begini Kondisi Terkini, Kios Anton yang Tertimpa Atap Baja Ringan ST INTEN Bandung

"Memang upaya ini tidak akan menyelesaikan permasalahan kemacetan di Arcamanik Endah sampai Golf Barat, tapi mudah-mudahan sedikit dapat mengurai (kemacetan)," ujarnya di Hotel Crowne Plaza, Jalan Lembong Nomor 19, Kota Bandung, Jumat (11/1/2019).

Yana menuturkan, titik rekayasa jalan berikutnya yaitu menutup persimpangan Jalan Jakarta-Purwakarta yang selama ini juga dianggap sebagai sumber kemacetan. Sebab hampir setiap saat, terutama pagi hari banyak kendaraan yang menyeberang dan menyebabkan terjadinya kemacetan.

Ke depan, titik tersebut akan dipasang penghalang dan rambu larangan putar balik atau u-turn, sehingga kendaraan baru bisa memutar di Jalan Subang.

Titik rekayasa di sekitar Jalan Terusan Jakarta lainnya, lanjut Yana, pihaknya akan melakukan penutupan persimpangan di Jalan Sulaksana, tepatnya di depan Borma Antapani, dan pemasangan barier pembatas di ujung flyover Antapani atau jembatan pelangi.

Pasar Andir 2 Tahun Diambil Alih Pemkot Bandung, Kasunya Masih Nyangkut di Badan Arbitrase Nasional

"Kita akan pasang penghalang agar kendaraan dari jalur kiri tidak bisa langsung masuk dan naik ke flyover. Karena di situ sering sekali terjadi bottle neck," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved