KPU Kota Tasikmalaya Masih Kesulitan Sosialisasi Terhadap Kaum Marjinal

Kelompok yang masih sulit terakses untuk sosialisasi kepemiluan di Kota Tasikmalaya di antaranya adalah kaum miskin kota, anak jalanan, dan yang lain

KPU Kota Tasikmalaya Masih Kesulitan Sosialisasi Terhadap Kaum Marjinal
TRIBUN JABAR/ISEP HERI HERDIANSAH
Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Zaenul Mutaqin saat memperlihatkan kotak suara berbahan kardus di kantornya di Jalan SKP No 20-22, Lengkongsari, Kecamatan Tawang, Kamis (10/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Zaenul Mutaqin, mengatakan, sejauh ini pihaknya masih kesulitan sosialiasasi terhadap kaum marjinal.

Kelompok yang masih sulit terakses untuk sosialisasi kepemiluan di Kota Tasikmalaya di antaranya adalah kaum miskin kota, anak jalanan, pekerja tunasusila, dan lain-lain.

"Sejauh ini memang kami kesulitan untuk mensosialisasikan pada kaum marjinal. Pertama sulit dijumpai, untuk menjumpai mereka harus tahu kuncinya, dari segi pendekatan mereka kadang acuh antipati," kata Ade saat ditemui Tribun Jabar, Kamis (10/1/2019).


Disebut Ade, untuk bisa menembus kalangan marjinal juga harus memahami karakter dan budaya mereka.

"Sebagian dari mereka rentan terhadap akses komunikasi, misalnya kamu miskin kota dari segi literasi tidak mendukung, kami door to door caranya," sebutnya.

Kesulitan juga didukung karena faktor dalam pencarian data yang ada di dinas terkait yakni Dinas Sosial.

Naomi Zaskia Mengaku Sudah Mengenal Anak Sule, Suka Pria yang Lebih Tua dan Humoris

"Meski begitu kami terus kordinasi dengan dinas sosial untuk ini, mwski belum optimal kami maksimalkan data yang ada," ujarnya.

Di sisi lain, kendati kesulitan, Ade mengaku sempat beberapa kali melakukan sosialisasi pada kaum terpinggirkan di Kota Tasikmalaya melalui tatap muka bersama relawan demokrasi, respon obyek sosialisasi positif.

"Mereka merespon positif, bahkan banyak di antaranya curhat dan sangat punya harapan besar terhadap pemilu, dan berharap ada perubahan melalui pemilu," katanya.

3 Sajian Pizza Homemade Enak di Bandung, dari Meat Pizza hingga Banana Pizza

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved