Ini Kata Ketua KPU Kota Tasikmalaya Soal Kriteria Penentuan Lokasi TPS

Menjelang Pemilu 2019, KPU Kota Tasikmalaya saat ini masih melakukan pemetaan penentuan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ini Kata Ketua KPU Kota Tasikmalaya Soal Kriteria Penentuan Lokasi TPS
Istimewa
Logo KPU. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Menjelang Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Tasikmalaya saat ini masih melakukan pemetaan penentuan lokasi tempat pemungutan suara ( TPS ).

Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Zaenul Mutaqin mengatakan, jumlah TPS di Kota Tasikmalaya pada Pemilu 2019 sebanyak 2.063 lokasi yang tersebar di tiap kelurahan.

Lalu, lokasi seperti apa yang bisa digunakan sebagai TPS Pemilu?

Ade menjelaskan, ada sejumlah kriteria untuk menentukan lokasi tersebut refresentatif atau tidaknya untuk dijadikan TPS.

KPU Menolak Perubahan Visi Misi yang Diajukan Prabowo-Sandi, Apa Alasannya?

"Idealnya TPS di lahan berukuran sekitar 8x10 meter persegi. Kemudian tentunya lahan yang digunakan harus mendapat izin dari pemilik lahan," kata Ade saat ditemui Tribun Jabar, Kamis (10/1/2019).

Penentuan lokasi TPS juga, lanjut Ade, harus dipastikan dahulu lahan bukan milik dari calon legislatif maupun pengurus parpol.

"Kemudian, apabila di halaman tempat ibadah kami komunikasikan apakah tidak mengganggu terhadap aktivitas ibadah warga saat pelaksanaan," ujar Ade.

Penentuan lokasi TPS, dikatakan Ade, juga harus dilihat dari segi geografis dan juga strategisnya lokasi.

"Jarak dari kelurahan, dari jalan untuk aspek pengamanan, kedaruratan, keselamatan. Dan kami juga petakan TPS yang berada di wilayah rawan bencana, atau rentan gesekan pendukung dilihat pengalaman di pemilihan-pemilihan sebelumnya," kata Ade.

Ade menyebut saat ini pemetaan penentuan lokasi TPS baru sekitar 75 persen, dan ditargetkan selesai pekan ini.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved