Warga Ciharashas Dapat Bantuan Sumur Bor dan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya

Bantuan sumur merupakan program Badan Geologi, Kementerian ESDM pada tahun anggaran 2018 di wilayah Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Warga Ciharashas Dapat Bantuan Sumur Bor dan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya
Tribun Jabar/ Ferri Amiril
Bantuan sumur bor air bersih dan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU TS) 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Parulian Sihotang bersama dengan Anggota DPR RI Komisi VII Dapil Jabar III, Joko Purwanto, Dandim 0608 Letkol CZI Hidayati, menyerahkan bantuan sumur bor air bersih dan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU TS) kepada Asisten Daerah Kabupaten Cianjur serta Kadis PUPR Kota Bogor, di Kampung Cipanas, Desa Ciharashas, Kamis (10/1/2019).

Bantuan merupakan program Badan Geologi, Kementerian ESDM pada tahun anggaran 2018 di wilayah Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Penyerahan dipusatkan di lokasi sumur bor di Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.


Penyerahan ini menandakan bahwa sumur bor yang telah dibangun pada tahun 2018, sebanyak 4 unit di Kabupaten Cianjur dan 3 unit di Kota Bogor, dapat secara penuh digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Selain itu, penyerahan ini juga dimaksudkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian ESDM, bekerjasama dengan pemerintah daerah dan didukung oleh DPR RI (Komisi VII) memiliki program yang pro terhadap kesejahteraan masyarakat, yaitu pengentasan daerah sulit air bersih melalui pengeboran air tanah dalam.

Hal ini mengingat beberapa daerah di wilayah Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor masih mengalami permasalahan penyediaan air bersih karena kondisi alamnya.

Empat unit sumur bor yang dibangun di Kabupaten Cianjur dan tiga unit di Kota Bogor pada tahun 2018 tersebut memiliki spesifikasi teknis kedalaman 100-125 m, debit antara antara 1,5 s/d 2,5 liter/detik, dengan konstruksi pipa besi galvanis diamater 6 inchi, pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 10 kVA=8 kWatt, menggunakan pompa selam (submersible) 3 PK, dan dilengkapi dengan rumah genset, rumah pompa, dan bak penampungan air berkapasitas 5000 liter.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Bantah Melakukan Pelanggaran Kampanye Pose Satu Jari

Dengan debit air rata-rata 2,5 liter/detik, setiap sumur bor mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2.800 jiwa.

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved