Siswa SMK Angkasa Bandung Ciptakan Gokart Bermesin Kompresor

Kedelapan siswa tersebut menciptakan Go Kart tersebut berawal dari tantangan untuk menciptakan satu karya semasa Praktek lapangan.

Siswa SMK Angkasa Bandung Ciptakan Gokart Bermesin Kompresor
Tribun Jabar/ Syarif Pulloh Anwari
kedepalan siswa SMK Angkasa Lanud Husein Sastranegara berhasil menciptakan Gokart yang diberi nama Skylit. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - siswa SMK Angkasa Lanud Husein Sastranegara berhasil menciptakan Gokart yang diberi nama Skylit.

Keunikan yang terdapat pada Gokart bukan hanya masalah pekerja yang total dikerjakan oleh siswa kelas XII jurusan mesin SMK Angkas saja, akan tetapi Go Kart bermesin kompresor.

Tim Skylit yang beranggota Abdul Malik Muhamad (18), Adhitya Yudha (17), Rama Ramdani (17), Nurziyah Yuliyatami (16), Ari Setiawan (18), Jimmy Maulana Ramdani (18), Muhamad Pipin Arifin (19), Danang Syarif Hidayat (17).


Kedelapan siswa tersebut menciptakan Go Kart tersebut berawal dari tantangan untuk menciptakan satu karya semasa Praktek lapangan.

"Awal mula pembuatan gokar saat kita Praktek lapangan, itu dari pembimbingnya ngasih saran kalian bikin karya buat kenang kenangan SMK kalian, dari tahun ke tahun SMK Angkasa bikin karya, terus kami ketantang membuat karya baru, yaitu membuat Gokart," ujar Abdul malik Muhamad, penggagas Prototipe Go Karts Skylit saat ditemui Tribun Jabar di SMK Angkasa Husein Sastranegera, Kota Bandung, Kamis (10/1/2019).

Gokart yang diberi nama Skylit ini memakai komproser honda GP 160 bertenaga 160 cc.

Abdul mengatakan, dalam proses pengerjaan Gokart tersebut membutuhkan waktu yang cukup singkat.

Begini Persiapan BPBD Jabar Hadapi Bencana di 2019

"Hanya memerlukan waktu yang tergolong tidak lama yaitu hanya dua bulan, dengan estimasi biaya untuk satu prototype skylit memakan 11 juta rupiah," ujarnya

Terkait bahan yang melekat dalam Gokart Skylite diantaranya, besi hollow tiga centi meter, kemudian Besi AS, beberapa lagi pipa untuk stang.

"Bahan dari kerangka menggunakan besi hollo dengan ketabalan 1.5 mm, untuk poros utama menggunakan besi as, dan setirnya menggunakan kombinasi pipa, serta kelancarannya belok beloknya terdapat bering," ujarnya.

Nama Ketua MPR Zulkifli Hasan Disebut-sebut Memberi Arahan di Sidang Gratifikasi Proyek Dinas PUPR

Gokart Skylit ini memiliki panjang 160 cm dan lebar 109 cm.

Abdul menambahkan kedepannya Gokart Skylit ini akan dikembangkan dan menambahkan beberapa komponen baru seperti penambahan starter otomatis pada stang, kemudian juga akan ditambahkan shockbreker pada ban.

Permintaan Benih Ikan Tinggi, Ini yang Akan Dilakukan UPT BBIAT Kota Cimahi

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved