Permintaan Benih Ikan Tinggi, Ini yang Akan Dilakukan UPT BBIAT Kota Cimahi

Permintaan benih ikan ke UPT Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT), Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi saat ini sudah semakin tinggi.

Permintaan Benih Ikan Tinggi, Ini yang Akan Dilakukan UPT BBIAT Kota Cimahi
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Tempat budidaya benih ikan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT), Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Permintaan benih ikan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT), Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi saat ini sudah semakin tinggi.

UPT BBIAT tersebut merupakan tempat budidaya benih ikan tawar satu-satunya yang ada di Kota Cimahi, sehingga saat permintaan tinggi, UPT BBIAT sedikit terkendala.

Kepala UPT BBIAT Kota Cimahi, Nandang Jayawiguna, mengatakan, untuk memenuhi permintaan pasar untuk benih ikan tersebut pihaknya, pada tahun ini akan meningkatkan tingkat produksi benih ikan.

"Peningkatan ini untuk memenuhi semakin banyaknya permintaan pasar akan benih ikan. Setiap hari, permintaan benih ikan dari BBIAT mencapai 200-250 benih ikan," ujarnya saat ditemui di UPT BBIAT Kota Cimahi, Komplek Nata Endah, Kota Cimahi, Kamis (10/1/2019).

Permintaan benin ikan, terutama jenis gurame, lanjutnya, sekarang ini sudah mulai meningkat, terutama dari luar daerah Kota Cimahi, seperti Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Minggu Ini SBY Akan Sapa Warga Kabupaten Bandung, Ada Agenda Olahraga Pagi di Jalak Harupat

"Tapi permintaan benih ikan khususnya gurame saat ini belum bisa dipenuhi karena benih ikan konsumsi yang diproduksi baru ikan nila dan lele saja. Sedangkan gurame baru akan dikembangkan," katanya.

Menurutnya, untuk budidaya ikan gurame itu harus memerlukan cuaca panas, sedangkan saat ini masih memasuki musim hujan.

Sehingga, mata dia, untuk saat ini BBIAT bakal fokus untuk pengembangan benih ikan yang disesuaikan dengan kondisi cuaca saat ini.

Kota Bandung Diguyur Hujan Deras, Nih Wilayah yang Terjadi Hujan Es

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved