Ini Salah Satu Alasan Kuat Miniatur Perahu Layar dan Bangau Berwarna Emas di Karawang Bukan BCB

Arkeolog, Lutfi Yondri menjelaskan bahwa di wilayah Karawang belum pernah ada penemuan benda cagar budaya berupa miniatur perahu layar.

Ini Salah Satu Alasan Kuat Miniatur Perahu Layar dan Bangau Berwarna Emas di Karawang Bukan BCB
istimewa
Kabag Humas Polres Karawang AKP Marjani (kiri) dan Petugas Dinas Pariwisata bagian Cagar Budaya Irwan Zulkarnaen (tengah) sedang membawa benda yang diduga artefak kuno. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Arkeolog dari Balai Arkeologi Jawa Barat, Lutfi Yondri menjelaskan bahwa di wilayah Karawang belum pernah ada penemuan benda cagar budaya (BCB) berupa miniatur perahu layar.

Hal itu menandakan bahwa benda berupa replika perahu layar dan burung bangau berwarna emas yang ditemukan di Karawang bukanlah benda cagar budaya.

"Di lokasi ditemukannya benda itu sebelumnya pernahkah ditemukan benda serupa miniatur kapal atau belum. Itu jadi ciri yang besar juga, tidak mungkin ujug-ujug ada," kata Lutfi Lutfi saat dikonfirmasi melalui telepon oleh Tribun Jabar, Kamis (10/1/2019).

Ketua Tim BCG Provinsi Jawa Barat, Dr Lutfi Yondri, M.Hum, usai acara, di Gedung Wanita, Jalan RE. Martadinata, Kota Bandung, Selasa (23/1/2018).
Arkeolog dari Balar Jabar, Lutfi Yondri, M.Hum. (Tribun Jabar/Ery Chandra)

Sebab menurutnya, sejarah di lokasi penemuan benda akan menentukan benda tersebut adalah peninggalan purbakala atau buatan baru.

Selain itu, aspek bentuk hingga perubahannya, maupun material benda, kata Lutfi akan menentukan usia benda.

Berdasarkan sepengetahuannya, mengenai benda kepurbakalaan di Karawang belum pernah ada penemuan benda berupa miniatur kapal.

Budaya maupun sejarah di wilayah Karawang pun, kata dia tidak ada yang mengarah kepada pembuatan miniatur kapal.

"Itu yang menjadi pertanyaan saya sesaat setelah ditanya oleh pihak terkait di Karawang. Apakah di Karawang pernah ditemukan benda yang hampir serupa atau sejenis, sebelumnya ? Telah sekian lama penelitian di Karawang dilakukan, ditemukan barang-barang di Karawang, belum pernah ada yang serupa," ucapnya menjelaskan.

Sebab, suatu benda ditentukan sebagai benda cagar budaya dilihat dari nilai dibalik benda itu.

Aspek yang menentukannya berupa umur benda, nilai sejarah, budaya, ilmu pengetahuan pendukung lain, dan lainnya.

Oleh karena itu ia memastikan bahwa benda yang ditemukan di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Karawang bukanlah benda cagar budaya.

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved