Pemkot Sudah Tentukan Lahan Pendirian SMK Negeri 5 Tasikmalaya, Ini Lokasinya

Pemkot Tasikmalaya telah menyediakan lahan untuk pendirian SMK Negeri 5 Tasikmalaya di Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Bungursari.

Pemkot Sudah Tentukan Lahan Pendirian SMK Negeri 5 Tasikmalaya, Ini Lokasinya
Tribun Jabar
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Pemkot Tasikmalaya telah menyediakan lahan untuk pendirian SMK Negeri 5 Tasikmalaya di Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Bungursari. Namun, terdapat sejumlah pihak yang keberatan atas pemilihan lokasi itu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Budiaman Sanusi mengatakan, Pemkot meminta pihak yang keberatan atas rencana penggunaan lahan tersebut bisa berlapang dada.

Menurutnya, keputusan Pemkot untuk menentukan lokasi tersebut mengingat pentingnya asas keadilan dalam pemenuhan hak pendidikan warga di wilayah Kecamatan Bungursari yang mana saat ini belum ada SMK negeri.

“Kiranya adil dibangun di sana, belum ada SMKN kan, apalagi SMKN yang ada juga jauh dari Bungursari. Ada regulasi zonasi kan sangat berpengaruh, kami kira itu," ujar Budiaman Sanusi, saat ditemui di Balai Kota Tasikmalaya, Rabu (9/1/2019).

Sejauh ini, pihak yang keberatan, dikatakan Budiaman, keluar dari lembaga pendidikan swasta yang sudah ada di wilayah Bungursari.

Aksi Jahatnya Terekam CCTV, Empat Pria Pengangguran di Tasikmalaya Digelandang Polisi

"Kami kira ini demi kebutuhan masyarakat di sana, adapun lembaga-lembaga pendidikan yang ada bisa bersaing secara sehat," katanya.

Budiaman meminta masyarakat yang berkeberatan atas penentuan lokasi pendirian SMKN 5, supaya bisa bermusyawarah dan memahami hal tersebut untuk kepentingan lebih luas.

Dia menyatakan penentuan lokasi yang dilakukan Pemkot di eks carik desa tersebut, demi efisiensi anggaran.

“Penentuan lokasi juga supaya lebih efisien. Kalau mau pengadaan pembebasan lahannya di mana? Tentu ada cost besar karena di Mangin saja lahan saat ini per meter itu bisa Rp 1,5 juta. Kebetulan ada eks carik di sana, jadi kita tinggal laksanakan pembebasan akses jalannya saja,” ujar Budiaman.

Pihak disdik Kota Tasikmalaya masih menunggu detail teknis pendirian SMKN 5 yang merupakan kewenangan dari Disdik Pemprov Jawa Barat.

Pihak Pemkot Tasikmalaya hanya merekomendasi dan menyiapkan lahan pendirian sekolah itu.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved