Heboh Replika Perahu Layar Terbuat dari Emas Ditemukan di Sungai di Karawang, Ini Faktanya

Heboh artefak kuno replika perahu layar terbuat dari emas ternyata bukan.

Heboh Replika Perahu Layar Terbuat dari Emas Ditemukan di Sungai di Karawang, Ini Faktanya
istimewa
Kabag Humas Polres Karawang AKP Marjani (kiri) dan Petugas Dinas Pariwisata bagian Cagar Budaya Irwan Zulkarnaen (tengah) sedang membawa benda yang diduga artefak kuno. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Penemuan benda berupa replika perahu layar dan burung bangau yang diduga sebelumnya sebuah artefak dari emas dinyatakan bukan bagian dari benda cagar budaya.

Pernyataan itu dikatakan oleh Petugas Dinas Pariwisata bagian Cagar Budaya, Irwan Zulkarnaen saat dikonfirmasi di Mapolres Karawang Jalan Surontokunto, Warungbambu, Karawang Timur, Karawang.

Irwan mengatakan secara fisik kedua benda tersebut bukanlah terbuat dari emas.

"Secara kasat mata saja ini (replika bangau) seperti besi atau kuningan biasa. Kemudian yang satu lagi (perahu layar) warnanya saja yang seperti emas, tapi ada yang bagian mengelupas itu terlihat bahan fiber (plastik)," kata Irwan, Rabu (9/1/2019).

Ia menambahkan, beban benda yang diduga terbuat dari emas itu sangatlah ringan, tidak seperti emas atau logam mulia yang sesungguhnya memiliki beban yang berat jika berukuran sebesar replika perahu yang ditemukan.

Benda yang sempat ramai di masyarakat itu diketahui ditemukan oleh Inah Binti Kaitam (55) di area bawah sungai di Dusun Sungaimanuk, Desa Sungaibuntu, Pedes, Karawang.

"Kalau ini artefak berbahan logam mulia ditemukan di bawah air atau tanah pasti ada korosi atau pemudaran, tapi ini tidak ada sama sekali. Bentuknya masih bagus semua," ucapnya.

Irwan mengatakan, jika pada benda cagar budaya yang berasal dari Cina, sering kali memiliki ciri khas tulisan berdasarkan dinasti.

Namun, pada ukiran di kedua benda berkalimat cina itu bukanlah aksara Cina dari dinasti lama, melainkan tulisan Cina biasa.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved