Tak Nyaman dan Berbahaya, Warga Berharap Dua Ruas Jalan di Rancaekek yang Rusak Segera Diperbaiki

Warga Kecamatam Rancaekek, Kabupaten Bandung, berharap, adanya perbaikan di dua ruas jalan di wilayah tersebut yang mengalami kerusakan parah.

Tak Nyaman dan Berbahaya, Warga Berharap Dua Ruas Jalan di Rancaekek yang Rusak Segera Diperbaiki
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Kerusakan di Jalan Stasion, Desa Rancaekek Wetan, Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Selasa (8/1/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Kecamatam Rancaekek, Kabupaten Bandung, berharap, adanya perbaikan di dua ruas jalan di wilayah tersebut yang mengalami kerusakan parah.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, Selasa (8/1/2019), ruas jalan yang mengalami kerusakan yakni, Jalan Stasion di Desa Rancaekek Wetan dan Jalan Gradiul, Kelurahan Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek.

Kerusakan jalan yang di ruas jalan tersebut, yakni kondisi berlubang dengan luas dan kedalaman bervariasi, luas dari 30 sentimer hingga tiga meter, serta kedalaman lima sampai 10 sentimeter.


Setiap pascahujan mengguyur wilayah Kecamatan Rancaekek, selalu menyisakan genangan air di dalam jalan berlubang tersebut, sehingga banyak warga yang berkendara terlihat menghindari lubang jalan.

Rohendi (43), warga Kecamatan Rancaekek, mengatakan, seharusnya pemerintah segera melakukan perbaikan, lantaran jalan tersebut sering lintasi oleh warga dan merupakan akses menuju jalan utama.

"Mau sampai kapan rusak terus? Ini jelas sangat merugikan," kata Rohendi di Jalan Stasion, Desa Rancaekek Wetan, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Selasa (8/1/2019).

Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataraan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, Cecep Mulyana, mengatakan dua ruas jalan tersebut akan menjadi priotitas pembangunan pada 2019 ini.

Kuningan Belum Memasuki Puncak Musim Hujan, BPBD Minta Masyarakat Tetap Waspada

Ia menambahkan, beberapa ruas di jalan Rancaekek sudah dalam kondisi baik dan telah dilakukan perbaikan pada 2018, terutama di wilayah Kelurahan Rancaekek Kencana.

"Itu menjadi fokus kami, Jalan Gradiul dan Jalan Stasion pun sebagian kecil sudah diperbaiki, mudah-mudahan tahun segera terealisasi," katanya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun jalan rusak ringan Kabupaten Bandung, sepanjang 129 kilometer atau 11,17 persen, sedangkan kondisi rusak berat 136 kilometer atau 11,77 persen, ditotalkan sepanjang 265 kilometer.

Cecep menambahkan pada 2019 ini, pemerintah menggarkan sebesar 195 milyar untuk memperbaiki sebanyak empat persen dari total keseluruhan jumlah jalan rusak di Kabupaten Bandung.

"Secara bertahap dilakukan, tetapi menunggu ketuk palu dahulu, apakah itu disetujui atau tidak, yang pasti akan dibeton," kata Cecep.

BPBD Sebut 15 Kecamatan di Kabupaten Kuningan Rawan Bencana Alam Ini

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved