Tak Kunjung Diperbaiki Pemerintah, Warga Rancaekek Beberapa Kali Inisiatif Lakukan Perbaikan Jalan

Kerusakan jalan yang di ruas jalan tersebut, yakni dalam kondisi berlubang dengan luas dan kedalaman bervariasi.

Tak Kunjung Diperbaiki Pemerintah, Warga Rancaekek Beberapa Kali Inisiatif Lakukan Perbaikan Jalan
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Kerusakan di Jalan Stasion, Desa Rancaekek Wetan, Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Selasa (8/1/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, beberapa kali berinisiatif mencoba memperbaiki ruas Jalan Stasion dan Jalan Gradiul, yang mengalami kerusakan cukup parah.

Kerusakan jalan yang di ruas jalan tersebut, yakni dalam kondisi berlubang dengan luas dan kedalaman bervariasi, luas dari 30 sentimer hingga tiga meter, serta kedalaman lima sampai 10 sentimeter.

Setiap pascahujan mengguyur wilayah Kecamatan Rancaekek, selalu menyisakan genangan air di dalam jalan berlubang tersebut, sehingga banyak warga yang berkendara terlihat menghindari lubang jalan.


Warga sekitar Jalan Stasion, Rohendi (45), mengatakan, upaya yang dilakukan oleh warga untuk memperbaiki jalan rusak tersebut, yakni dengan cara menutup menggunakan material puing bangunan.

"Soalnya kasihan juga sama warga yang lewat situ, bikin kendaraan cepat rusak juga," kata Rohendi di Jalan Stasion, Kecamatan Rancaekek, Selasa (9/1/2019).

Warga pun menyebutkan, upaya perbaikan secara inisiatif tersebut dilakukan oleh warga secara swadaya dan sama sekali tidak melibatkan pemerintah dalam perbaikan.

Putuskan Akhiri Karir di Persib Bandung, Eka Ramdani Dapat Saran Ini dari Rahmad Darmawan

Senada dengan Rohendi, warga Jalan Gradiul, Hariawan (53), mengatakan, beberapa kali warga mencoba menambal lubang jalan, namun tidak bertahan lama, lantaran jalan tersebut kerap terendam banjir hingga 30 sentimeter.

"Sudah sering ditambal pakai tanah atau semen, cuma tidak lama, justru sekarang semakin parah," katanya.

Berdasarkan informasi, Jalan Stasion dan Jalan Gradiul di Kecamatan Rancaekek, masuk ke dalam daftar status jalan kabupaten di wilayah Kabupaten Bandung dan kewengangan perbaikan dilakukan pemerintah daerah.

Yuk, Cobain Nasi Goreng Daging Asap di Tepi Jalan Riau Bandung, Gurih dan Lezat

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Tribun Jabar dari Bidang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, total panjang ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Bandung, yakni 1.160 kilometer.

Untuk jalan dalam rusak ringan di Kabupaten Bandung, sepanjang 129 kilometer atau 11,17 persen, sedangkan kondisi rusak berat 136 kilometer atau 11,77 persen, ditotalkan sepanjang 265 kilometer.

Kepala Bidang Jalan Dinas PUPR Kabupaten Bandung, Cecep Mulyana, mengatakan, kondisi rusak ringan dan berat tersebut, sebagian besar mengalami pengelupasan aspal, aspal bergelombang, bergeser, hingga berlubang.

"Pernah dilakukan perbaikan pada beberapa tahun lalu, namun karena cuaca ekstrem, akhirnya mengalami penurunan kualitas dan sudah lama juga," kata Cecep.

Layanan SIM Keliling Polres Bandung Ada di Cicalengka, Selasa 8 Januari 2019

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved