Tahun 2019, Seluruh Desa di Purwakarta Ditargetkan Memiliki Akses Internet yang Kencang

Seluruh wilayah di Purwakarta ditargetkan akan memiliki jaringan internet yang berkecepatan kencang.

Tahun 2019, Seluruh Desa di Purwakarta Ditargetkan Memiliki Akses Internet yang Kencang
WEB
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Seluruh wilayah di Purwakarta ditargetkan akan memiliki jaringan internet yang berkecepatan kencang.

Target itu dimiliki oleh Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo ) Purwakarta, yang tertuang pada program Desa Cerdas.

Kepala Bidang Teknologi Informatika Diskominfo Purwakarta, Fery Heryana mengatakan, infrastruktur untuk internet di Purwakarta tahun ini harus sudah merambah ke seluruh wilayah.

"Programnya Desa Cerdas ini untuk mendukung program pemerintah dalam memberikan akses internet kepada masyarakat," kata Fery di kantornya, Nagri Tengah, Purwakarta, Selasa (8/1/2019).

Fery menjelaskan bahwa program itu bertujuan agar seluruh masyarakat Purwakarta bisa mengakses internet di mana-mana.

Pihaknya mengklaim pada tahun 2018, infrastruktur jaringan internet berbasis fiber optik sudah terpasang, namun baru sebatas tingkat kecamatan seluruh Purwakarta.

Akibat Masalah Keluarga, 3 Orang Adik Kakak di Purwakarta Berkelahi, 1 Orang Tewas Tertebas Pisau

Ia menyebut dua kecamatan terjauh yang berada di Purwakarta, Sukasari dan Maniis pun telah memiliki internet pada program tersebut.

"Untuk tahun 2019, kami targetkan sudah masuk desa. Ada 183 desa di Purwakarta akan memiliki akses internet yang cepat," ucapnya.

Selain itu, ketersediaan Wifi gratis bagi masyarakat akan terpasang di setiap fasilitas publik, seperti area wisata atau taman.

Disinggung mengenai anggaran program tersebut, Diskominfo akan menyiapkan dana hingga mencapai Rp2 milyar, yang masuk pada anggaran tahun 2019.

Sedangkan di tahun 2018 anggaran program internet untuk menjangkau seluruh kecamatan menghabiskan Rp1,5 miliar.

"2019 sudah menyiapkan anggaran di area publik, taman, tempat wisata akses free untuk masyarakat termasuk seluruh desa memiliki jaringan internet," ujar dia menambahkan.

Penulis: Haryanto
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved