Pemkab Bandung Janjikan pada 2020, Jalan di Kabupaten Bandung Mulus 90 Persen

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, memastikan, pada 2020, minimal 90 persen ruas jalan

Pemkab Bandung Janjikan pada 2020, Jalan di Kabupaten Bandung Mulus 90 Persen
dok.tribun
Sejumlah pengguna kendaraan roda dua mengeluhkan gundukan tanah merah yang kerap berceceran di Jalan Soreang - Cipatik. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, memastikan, pada 2020, minimal 90 persen ruas jalan kabupaten sudah dalam kondisi mantap.

Berdasarkan, data yang berhasil dihimpun Tribun Jabar dari Bidang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, total panjang ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Bandung, yakni 1.160 kilometer.

Jalan kondisi mantap di Kabupaten Bandung mencapai 77,06 persen, 52,15 persen (605 kilometer) dalam kondisi baik dan 24,91 persen (288 kilometer) kondisi sedang.

Untuk jalan dalam rusak ringan di Kabupaten Bandung, sepanjang 129 kilometer atau 11,17 persen, sedangkan kondisi rusak berat 136 kilometer atau 11,77 persen, ditotalkan sepanjang 265 kilometer.

Kepala Bidang Jalan, Dinas PUPR Kabupaten Bandung, Cecep Mulyana, mengatakan, sesuai dengan arahan dari Bupati Bandung, Dadang M Naser, 90 persen jalan untuk masyarakat harus dalam kondisi mantap.

Biodata Avriellia Shaqqila Banyak Diburu Warganet, Tenyata Model Majalah Dewasa

"Kondisi mantap ini ada dua, yaitu dalam kondisi baik dan sedang," kata Cecep kepada Tribun Jabar, Senin (7/1/2019).

77,06 persen jalan dalam kondisi mantap di Kabupaten Bandung, kata Cecep, semuanya merupakan jalan beton atau rigid, dipastikan untuk sisannya akan perbaiki menggunakan kontruksi beton.


Cecep menambahkan, untuk anggaran pembangunan jalan beton, jauh lebih besar dibandingkan dengan anggaran pembangunan jalan menggunakan sistem hotmix.

"Memang secara biaya bengkak, tetapi beton biaya pemeliharaan lebih sedikit, sedangkan hotmix setiap tahunnya harus dilakukab perbaikan karena mengelupas," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved