265 Kilometer Jalan di Kabupaten Bandung Masih Rusak, Ini Kondisinya

Sebagian besar jalan berstatus kewenangan Pemkab Bandung yang mengalami rusak besar, sebagian berada di pelosok wilayah beberapa kecamatan.

265 Kilometer Jalan di Kabupaten Bandung Masih Rusak, Ini Kondisinya
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat tampak melintasi jalan rusak di Jalan Paniisan, Kampung Pameutingan, Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (21/5/2018). Tribun Jabar/Mumu Mujahidin 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ratusan kilometer jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung masih dalam kondisi rusak, baik ringan atau pun berat.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Tribun Jabar dari Bidang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, total panjang ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Bandung, yakni 1.160 kilometer.

Untuk jalan dalam rusak ringan di Kabupaten Bandung, sepanjang 129 kilometer atau 11,17 persen, sedangkan kondisi rusak berat 136 kilometer atau 11,77 persen, ditotalkan sepanjang 265 kilometer.


Kepala Bidang Jalan Dinas PUPR Kabupaten Bandung, Cecep Mulyana, mengatakan, kondisi rusak ringan dan berat tersebut, sebagian besar mengalami pengelupasan aspal, aspal bergelombang, bergeser, hingga berlubang.

"Pernah dilakukan perbaikan pada beberapa tahun lalu, namun karena cuaca ekstrem, akhirnya mengalami penurunan kualitas dan sudah lama juga," kata Cecep kepada Tribun Jabar, Senin (7/1/2019).

Cecep mengatakan, sebagian besar jalan berstatus kewenangan Pemkab Bandung yang mengalami rusak besar, sebagian berada di pelosok wilayah beberapa kecamatan.

Kasus Suap Meikarta, KPK Kembali Jadwalkan Pemeriksaan untuk Mantan Gubernuh Jabar Ahmad Heryawan

Nantinya, kata Cecep, 22,94 persen jalan yang masih dalam kondisi rusak tersebut akan dilakukan upaya peningkatan menjadi dalam kondisi mantap dengan cara menggunakan kontruksi betonisasi.

"Kenapa betonisasi? Karena kalau menggunakan aspal akan banyak memakan anggaran, karena setiap tahun harus ada perbaikan, tahun ini sudah dirancang untuk perbaikan," katanya.

Dari informasi, jalan kondisi mantap di Kabupaten Bandung mencapai 77,06 persen, 52,15 persen (605 kilometer) dalam kondisi baik dan 24,91 persen (288 kilometer) kondisi sedang.

Laporan Sumbangan Dana Kampanye Peserta Pemilu di Kota Tasikmalaya, PPP Tertinggi Capai Rp 1 M Lebih

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved