2019 Ini Pemkab Bandung Anggarkan 195 Milyar untuk Perbaikan Jalan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung menganggarkan sebesar Rp 195 milyar untuk perbaikan ruas jalan.

2019 Ini Pemkab Bandung Anggarkan 195 Milyar untuk Perbaikan Jalan
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Sudah bertahun-tahun tak diperbaiki, jalan desa di RT 02/04 Kampung Lampegan, Desa Bojongkunci, Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung rusak parah 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung menganggarkan sebesar Rp 195 milyar untuk perbaikan ruas jalan kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung.

Kepala Bidang Jalan Dinas PUPR Kabupaten Bandung, Cecep Mulyana, mengatakan, jalan rusak ringan di Kabupaten Bandung sepanjang 129 kilometer atau 11,17 persen, sedangkan kondisi rusak berat 136 kilometer atau 11,77 persen, ditotalkan sepanjang 265 kilometer.


Ia menambahkan, pada 2019 ini, anggaran sebesar 195 milyar tersebut, akan memperbaiki sebanyak empat persen dari total keseluruhan jumlah jalan rusak di Kabupaten Bandung.

"Secara bertahap dilakukan, tetapi menunggu ketuk palu dahulu, apakah itu disetujui atau tidak," kata Cecep kepada Tribun Jabar, Senin (7/1/2019).

Cecep mengatakan, sebagian besar jalan berstatus kewenangan Pemkab Bandung yang mengalami rusak besar, sebagian besar berada di pelosok wilayah beberapa kecamatan.

Kepala Sekolah SMP di Garut Kerap Main Fisik ke Siswanya, Bupati Garut Pun Minta Disdik Usut Tuntas

Nantinya, kata Cecep, 22,94 persen jalan yang masih dalam kondisi rusak tersebut, akan dilakukan upaya peningkatan menjadi dalam kondisi mantap, dengan cara menggunakan kontruksi betonisasi.

"Yang rusak itu sebagian besar aspal, termasuk di wilayah Soreang juga ada," kata Cecep.

Berdasarkan, data yang berhasil dihimpun Tribun Jabar dari Bidang Jalan Dinas PUPR Kabupaten Bandung, total panjang ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Bandung, yakni 1.160 kilometer.

Jalan kondisi mantap di Kabupaten Bandung mencapai 77,06 persen, 52,15 persen (605 kilometer) dalam kondisi baik dan 24,91 persen (288 kilometer) kondisi sedang.

BREAKING NEWS: Terungkap, Ada 45 Artis Terlibat Prostitusi Online, Tarif Tertinggi 300 Juta Lebih

Ridwan Kamil: Penyerapan Anggaran Bukan Ukuran Kualitas Kerja

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved