Sepanjang 2018, Jumlah Kunjungan Wisman ke Indonesia Tak Capai Target

Menurut data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) melalui situs resminya www.bps.go.id pada Selasa (1/1/2019), target tersebut tak terpenuhi.

Sepanjang 2018, Jumlah Kunjungan Wisman ke Indonesia Tak Capai Target
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Suasana di Suasana di Danau Bratan, kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ( wisman) ke Indonesia tahun 2018 sebanyak 17 juta wisatawan. Namun menurut data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) melalui situs resminya www.bps.go.id pada Selasa (1/1/2019), target tersebut tak terpenuhi.

”Secara kumulatif, Januari–November 2018, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia mencapai 14,39 juta kunjungan,” demikian data yang dirilis BPS yang dikutip Kompas.com, Kamis (3/1/2019).

Meski demikian, angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman tahun lalu pada periode yang sama.

“Angka ini (jumlah kunjungan wisman pada tahun 2018) naik 11,63 persen dibandingjumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya (2017) yang berjumlah 12,89 juta kunjungan,” kelanjutan isi rilis BPS.

Sebagian besar wisman berkunjung ke Indonesia melalui jalur udara yaitu dengan angka mencapai 9,25 juta kunjungan. Sedangkan, sebanyak 2,30 juta wisman berkunjung ke Indonesia melalui jalur darat dan sebanyak 2,85 juta wisman melalui jalur laut.

Akibat Cuaca Buruk, Ratusan Wisatawan Masih Terjebak di Kepulauan Karimunjawa

Tak tercapainya target kunjungan wisman ini telah diprediksi Menteri Pariwisata Arief Yahya beberapa waktu yang lalu.

Ia memprediksi target itu tak tercapai karena banyaknya bencana yang tengah terjadi di Indonesia.

"Untuk tahun ini (2018), kemungkinan terbesar hanya tercapai 16 juta," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam seusai acara Indonesia Tourism Outlook 2019: Deregulation In Cyber Tourism Era di Jakarta, Selasa (27/11).

Ia menyebut salah satu bencana alam yang berpengaruh besar dalam kunjungan wisman ke Indonesia adalah gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada awal Agustus 2018.

Menurutnya, akibat bencana tersebut sekitar 100.000 wisman batal ke Indonesia dalam satu bulan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumlah Kunjungan Wisman ke Indonesia Sepanjang 2018 Tak Capai Target".

Editor: Yongky Yulius
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved