Mentan Minta Eksportir Pertanian Dilayani Secara Baik, Urus Ekspor Hanya Tiga Jam

Mengurus perizinan ekspor komoditas pertanian kini tak lagi lama, hanya tiga jam saja.

Mentan Minta Eksportir Pertanian Dilayani Secara Baik, Urus Ekspor Hanya Tiga Jam
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman di Banjaran, Kabupaten Bandung. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Andi Amran Sulaeman, mengatakan, pemerintah telah mengeluarkan regulasi untuk percepatan ekspor seluruh komoditas hasil pertanian petani Indonesia.

Sebelumnya, dalam hal proses perizinan ekspor para eksportir harus menunggu dalam waktu cukup lama, yakni selama 3 bulan tiga belas hari, sehingga mempengaruhi kualitas.

Namun saat ini, para eksportir dapat bernafas lega, lantaran proses perizinan hanya memakan waktu tiga jam saja.

"Kami minta semua untuk 24 jam melayani eksportir, layani dengan baik, karena mereka adalah pahlawan devisa dan bisa mensejaheterakan petani," kata Andi Amran Sulaeman saat melepas ekspor hortikultura di Kecamatan Banjaran, Kabupatan Bandung, Jumat (4/1/2019).

Dari data yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, angka ekspor hortikultura naik sebesar Rp 440 triliun atau 29 persen. Pada 2014 hanya Rp 900 triliun kini menjadi Rp 1.400 triliun.

Inflasi dari bidang hortikulturan dan pangan pun, sebelumnya berada di angka 10,56 persen, kini menjadi 1,26 persen.

"Sejarah pertama di era ini, peningkatan yang luar biasa dan itu sudah disahkan pula oleh Badan Pusat Statistik (BPS)," katanya.

Belum lama ini, eksportir di Kabupaten Bandung mengekspor sejumlah komoditas hortikultura ke sejumlah negara, yakni Singapura, Hongkong, Cina, Australia, dan Selandia Baru.

Komoditas produk hortikultura yang dilepas ekspor oleh Menteri Pertanian, yaitu buah manggis, melon, kentang, ubi, buncis, selada air, petai, dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved