Tanggul Sungai Panguragan Jebol, Desa Gujeg Cirebon Langsung Tergenang Air

Air mulai mengalir menuju Desa Gujeg dan menggenangi sejumlah pemukiman warga dengan ketinggian semata kaki orang dewasa.

Tanggul Sungai Panguragan Jebol, Desa Gujeg Cirebon Langsung Tergenang Air
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Kondisi rumah warga yang tergenang air akibat jebol yang tanggul di Desa Gujeg, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Kamis (3/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Hujan deras sejak Kamis (3/1/2019) dini hari yang mengguyur Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, membuat tanggul Sungai Panguragan di Desa Panguragan Wetan, jebol sepanjang 10 meter.

Akibatnya, air mulai mengalir menuju Desa Gujeg dan menggenangi sejumlah pemukiman warga dengan ketinggian semata kaki orang dewasa.

Korlap Pusdalops BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan, mengatakan, jebolnya tanggul tersebut terjadi setelah hujan deras yang mengakibatkan debit air naik.

"Telah terjadi tanggul jebol sekitar 10 meter lebarnya. Air sangat deras dan mengarah ke Desa Gujeg. Sejak pagi tadi hingga sekarang belum tertangani," katanya saat ditemui di Desa Gujeg, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Kamis (3/1/2019).

KPU Kota Cirebon Lantik 19 Petugas PPK dan PPS Tambahan

Untuk menangani jebolnya tanggul tersebut, BPBD telah menghubungi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung untuk segera turun ke lokasi dan melakukan penanganan.

Tujuannya, agar air yang menggenang di pemukiman warga tidak semakin tinggi.

"Ada empat blok yang terdampak, mungkin sekitar 40 rumah," ujar pegawai Desa Gujeg, Anton.

Pemerintah Desa Gujeg berharap air segera surut dan adanya penanganan secepatnya dari pemerintah.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved