Permintaan Borondong Ketan dari Ibun Biasanya Meningkat Jelang Lebaran

Dibandingkan dengan bulan lainnya, pada masa menjelang Hari Raya Idul Fitri, ia mengaku omzet pembuatan borondong ketan meningkat sampai 100 persen.

Permintaan Borondong Ketan dari Ibun Biasanya Meningkat Jelang Lebaran
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Industri rumahan borondong ketan yang masih konsisten memproduksi, Kampung Sangkan RT 2/2, Desa Laksana, Kecamatan Ibun. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Borondong ketan dari Kampung Sangkan, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, diburu oleh masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Menjelang hari raya umat islam tersebut, banyak warga luar yang berdatangan untuk mendapatkan borondong ketan, tak tanggung-tanggung beberapa membeli dalam jumlah besar.

"Menjelang lebaran adalah bulan paling sibuk, bahkan persiapannya juga dilakukan dua bulan sebelumnya," kata eorang produsen borondong ketang, Yayat Suwarsa (51) di Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Rabu (2/1/2019).


Dibandingkan dengan bulan lainnya, kata Yayat, pada masa menjelang Hari Raya Idul Fitri, ia mengaku omzet pembuatan borondong ketang mengalami peningkatan 100 persen.

Di bulan lainnya, omzet dari penjualan borondon ketan hanya Rp 10 - 15 juta, sedangkan menjelang Hari Raya Idul Fitri hingga Rp 30 hingga 40 juta.

"Bulan biasa terbilang cukup sepi, tapi setiap hariny ada saja yang datang," katanya.

Diberitakan sebelumnya, bagi sebagian warga Kabupaten Bandung, mungkin tidak asing lagi dengan kudapan manis berbahan dasar gabah beras ketan yang dibalut oleh gula merah cair, yakni borondong ketan.

Belum Berbadan Hukum, 15 Persen Angkot di Cimahi Bakal Dicabut Izin Trayeknya

Dikenal dengan nama Borondong Majalaya, ternyata makanan yang mengandung karbohidrat tersebut, berasal dari Kampung Sangkan, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

Secara turun temurun dari orangtua terdahulu, saat ini hanya tersisa sebanyak 18 industri rumahan pembuat borondong ketan yang masih konsisten memproduksi makanan manis tersebut.

Bobotoh Pilih Laga Ini Sebagai Laga Terbaik Persib Bandung Musim 2018, Bojan Malisic Jadi Pahlawan

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved