Gempa Pangandaran, Warga Tak Rasakan Getaran, yang Ramai Malah di Medsos

Gempa 5 SR menguncang Pangandaran pada hari pertama tahun 2019, Selasa (1/1/2019) pukul 19.25

Gempa Pangandaran, Warga Tak Rasakan Getaran, yang Ramai Malah di Medsos
istimewa
Gempa 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Gempa 5 SR menguncang Pangandaran pada hari pertama tahun 2019, Selasa  (1/1/2019) pukul 19.25, dengan jarak 327 km barat daya Pangandaran.

Namun getaran gempa tersebut kurang dirasakan dan tak bikin panik warga maupun wisatawan. Gempa itu malah ramai dibahas di media sosial (Medsos).

“Mungkin karena episentrumnya jauh sampai ratusan km di wilayah laut, jadi kurang dirasakan getarannya,” ujar H Opang, warga Ciwaru Desa/Kecamatan Cijulang Pangandaran ketika dihubungi Tribun Selasa (1/1/2019) malam.

Kartena goncangan kurang dirasakan jadi getaran gempa 5 SR tersebut tak sampai membuat warga panik.

Hal serupa juga diungkapkan Koordinator Forum Tagana Pangandaran, Nana Nay Suryana. “Getarannya tak terasa, tapi kami jadi kaget setelah informasi gempa ramai di medsos,” ujar Nana kepada Tribun.

Mantan Pangdam III Siliwangi Besok Dilantik oleh Presiden jadi Kepala BNPB

Menurut Nana, gempa 5 SR yang berpusat di km 327 barat daya Pangandaran Selasa (1/1) pukul; 19.25 tersebut hebohnya bukan karena gerataranya tetapi hebihnya informasi yang beredar di medsos.

“Getarannya tidak begitu terasa, saya sendiri tadi tak merasakan adanya getaran gempa. Teman-teman yang saya hubungi juga ngomong begitu. Mungkin karena pusat gempanya jauh, jadi tak terasa. Jadi tadi tidak ada kepanikan, tidak ada eksodus wisatawan. Warga tenang-tenang saja,” katanya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan, menurut Nana, ia juga meminta anggota Tagana tiap kecamatan untuk mengecek kemugkinan adanya dampak gempa di lingkungan masing-masing terutama di kawasan sisi laut.


Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved