Gelar Pertemuan Akhir Tahun dengan Seniman, Dinas Pariwisata Ciamis Galang Dana untuk Korban Tsunami

Pertemuan akhir tahun yang digelar Dinas Pariwisata Ciamis juga diisi penggalangan dana untuk korban tsunami Banten.

Gelar Pertemuan Akhir Tahun dengan Seniman, Dinas Pariwisata Ciamis Galang Dana untuk Korban Tsunami
Tribun Jabar/Andri M Dani
Dalam pertemuan akhir tahun Dinas Pariwisata Ciamis juga dilakukan penggalangan dana untuk korban tsunami di Banten. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Menyambut tahun baru keluarga besar Dinas Pariwisata Ciamis tidak hanya menggelar pertemuan akhir tahun dengan para seniman, budayawan dan pelaku wisata di Ciamis.

Dinas Pariwisata juga menggelar penggalangan dana untuk korban tsunami Selat Sunda.

“Beberapa pun dana yang terkumpul malam ini, akan kami serahkan untuk korban tsunami Selat Sunda,” ujar Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia, pada kegiatan Temu Akhir Tahun Pelaku Pariwisata, Seni dan Budaya, di halaman Touris Information Center (TIC) kompleks Perkantoran Kertasari, Senin (31/12/2018) malam.

Keluarga besar Dinas Pariwisata Ciamis memaknai malam pergantian tahun tidak hanya dengan menampilkan berbagai kegiatan seni dan musik saat menunggu detik-detik pergantian tahun.

Mereka juga menggelar berbagai kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat, seperti menggalang dana kepedulian untuk korban tsunami Banten.

Di acara ini digelar juga pameran mini dengan menampilkan produk-produk UKM khas Ciamis yang promosinya bekerja sama antara Bumdes dan Dinas Pariwisata Ciamis. Hasil transaksi di pameran mini tersebut sebagian disisihkan untuk disumbangkan bagi korban tsunami Banten.

Kegiatan temu akhir tahun pelaku pariwisata, seni, dan budaya, yang berlangsung di halaman TIC Ciamis ini diawali dengan refleksi akhir tahun dengan menampilkan secara visual berbagai kegiatan seni, budaya, dan pariwisata di Ciamis selama tahun 2018 yang dipandu langsung oleh Budi Kurnia.

Di acara tersebut dilakukan peluncuran kerja sama Dinas Pariwisata Ciamis dengan Forum Bumdes Kabupaten Ciamis untuk promosi pemasaran produk-produk UKM unggulan dari sejumlah desa.

Contohnya kopi Patroman dari Desa Dewasari, Cijeungjing yang mulai diminati pasar Brazil serta keripik bledak kaca “Jagara” dari Desa Citeureup, Kawali yang sudah menembus pasar Malaysia, Singapura, Taiwan dan Cina.

“Pada kemasan kopi Patroman dan bledak Jagara ditampilkan berbagai ikon wisata Ciamis,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Ciamis, H Toto Marwoto.

Pada kemasan bledak Jagara ada gambar objek wisata Sayang Kaak yang dikelola Bumdes Handapherang. Pada kemasan kopi Patroman tercantum foto objek wisata Situs Karangkamulyan.

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved