36 Anggota Polres Bandung Purnatugas, Upacara Pedang Pora dan Diarak Pakai Delman

Di akhir tahun 2018 sebanyak 36 anggota Polri dari sejumlah kesatuan di Polres Bandung telah purnatugas

36 Anggota Polres Bandung Purnatugas, Upacara Pedang Pora dan Diarak Pakai Delman
tribunjabar/mumu mujahidin
Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan beserta istri melepas para purnawirawan yang hari ini purna tugas di Polres Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (31/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Di akhir tahun 2018 sebanyak 36 anggota Polri dari sejumlah kesatuan di Polres Bandung telah purnatugas. Para purnawirawan ini diarak menggunakan delman setelah sebelumnya digelar upacara penghormatan pedang pora.

"Penghormatan kami Polres Bandung kepada senior-senior kami yang tahun ini selesai melepaskan purnatugasnya di Polres Bandung ada 37 personel, 36 polri dan 1 PNS," tutur Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan di Mapolres Bandung, Senin (31/12/31).

Indra menuturkan arak-arakan menggunakan delman ini merupakan sebuah tradisi di Polres Bandung setiap ada upacara pelepasan purnawirawan maupun sertijab pimpinan baru. Selain itu sebagai wujud melestarikan kebudayaan Sunda di Kabupaten Bandung.

"Kita menghidupkan kembali tradisi-tradisi, karakteristik khas Sunda sebagai ciri khas kesundaan. Bagaimanapun kita tidak bisa melupakan sejarah, beliau-beliau itu para pendahulu kita, senior kita, jadi kita lepas sebaik mungkin," kata Indra.

Malam Tahun Baru 2019 Cuma di Rumah? Tonton Saja Deretan Film Bagus di Televisi, Ini Daftarnya

Para purnawirawan ini dilepas di kompleks Mapolres Bandung dan diarak menggunakan puluhan delman hingga pintu gerbang Polres Bandung. Pelesapan juga disambut para anggota polisi yang naik pangkat pada 2018 ini.


Selain melepas 27 anggota purnawirawan, dalam kesempatan tersebut Polres juga menaikan pangkat 155 anggota polisi yang bertugas di Polres Bandung. Menurutnya kenaikan pangkat tersebut merupakan prestasi bagi para anggota.

"Yang naik pangkat ada 155 personel Polres Bandung dari mulai Bripda ke Briptu, hingga dari Iptu  ke AKP. Kenaikan pangkat bukan formalitas tapi merupakan prestasi. Ada persyaratan andministrasi yang ditempuh, kalau lengkap semuanya personel tersebut layak untuk naik pangkat," ujarnya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved