1.000 Pendaki Sambut Malam Tahun Baru di Gunung Papandayan Garut, Kembang Api Dilarang

Seribu lebih pendaki merayakan malam tahun baru di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Senin (31/12/2018)

1.000 Pendaki Sambut Malam Tahun Baru di Gunung Papandayan Garut, Kembang Api Dilarang
tribunjabar/firman wijaksana
Pengunjung berswafoto di menara pandang Taman Wisata Alam, Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Garut, Senin (31/12). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Seribu lebih pendaki merayakan malam tahun baru di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Senin (31/12/2018). Pengelola Gunung Papandayan melarang para pendaki menyalakan petasan dan kembang api.

"Di negara kita kan sedang berkabung. Jadi tidak berlebihan merayakan pergantian tahunnya," ujar Dirut PT AIL, Tri Persada, selaku pengelola Gunung Papandayan, Senin (31/12).

Tri mengaku sejak 30 Desember 2018, sudah banyak pendaki yang mendatangi Gunung Papandayan. Selain merayakan malam pergantian tahun, para pendaki juga ingin menikmati suasana alam Gunung Papandayan.

"Untuk lokasi kemah di puncak, kami sediakan untuk 2 ribu kemah. Kami akan sita petasan kalau ada pendaki yang bawa. Jangan buat keributan," katanya.

Selain pendaki, selama libur natal dan tahun baru Gunung Papandayan juga dipadati wisatawan. Kebanyakan wisatawan yang datang berasal dari luar Garut.

Ada Nasgor dan Kopi Gratis di Depan Gedung Sate, Juru Masaknya dari Brimob Polda Jabar

"Tahun ini ada peningkatan pengunjung sebesar 10 sampai 15 persen dari tahun lalu. Orang-orang sudah mengetahui fasilitas yang disediakan di sini," ucapnya.

Selain hiking ke kawah, lanjutnya, banyak wisatawan yang mencoba kolam air panas. Wisatawan yang datang didominasi oleh rombongan keluarga.

"Penginapan di sini juga sudah penuh. Bahkan untuk tahun baru sudah dipesan sejak jauh-jauh hari," ujarnya.

Sejak libur natal, diperkirakan jumlah pengunjung ke Papandayan mencapai lebih dari 6 ribu orang. Jumlah pengunjung akan terus bertambah hingga awal tahun baru.


Tri Haryuni (22), salah seorang pengunjung asal Garut mengaku Gunung Papandayan menjadi lokasi yang sedang ramai diperbincangkan. Banyak lokasi yang bisa dijadikan tempat berswafoto.

"Baru pertama kali datang ke sini. Memang lagi hits tempatnya. Banyak spot untuk selfie," ucap Tri.

Ia yang datang bersama tiga temannya, mengaku obyek wisata Gunung Papandayan sangat baik fasilitasnya. Meski begitu, masih terlihat ada sampah berserakan.

"Banyak pengunjung yang belum sadar kebersihan. Jadi buang sampah di mana saja," katanya

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved