Bupati Bandung Resmikan Taman Teknologi Pertanian Komoditas Kopi

Bupati berharap para petani, khususnya di Kertasari, dapat merubah pola tanam dari konvensional menjadi berbasis teknologi modern.

Bupati Bandung Resmikan Taman Teknologi Pertanian Komoditas Kopi
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Bupati Bandung Dadang M Naser di Pemkab Bandung, Kamis (30/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, KERTASARI - Pemerintah Kabupaten Bandung resmikan Taman Teknologi Pertanian (TTP) dengan fokus komoditas kopi, seluas satu hektar di Kampung Cirawa, Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, Sabtu (29/12/2018).

Penandatanganan batu prasasti TTP Kopi, dilakukan Bupati Bandung Dadang M Naser, bersama Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) yang diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Fadjry Djufry.

"TTP yang dibangun di atas lahan milik pemerintah daerah (pemda) ini, merupakan semangat kita menyongsong pembangunan ekonomi pertanian berbasis teknologi. Selaras dengan Program Citarum Harum, TTP akan melestarikan alam sekaligus menyejahterakan masyarakat petani melalui Ilmu Pengetahuan dan Teknologi," tutur Bupati Bandung Dadang M Naser seusai kegiatan.

Bupati Bandung Dadang M Naser berharap para petani, khususnya di Kertasari, dapat merubah pola tanam dari konvensional menjadi berbasis teknologi modern.

Dalam TTP tersebut nantinya ada pelatihan kerja dan bimbingan tehnologi bagi petani agar bagaimana cara pembibitan, pengolahan sampai pengelolaan pasca panen yang baik, dan cara roasting yang baik.

"Sampai pelatihan barista akan dilakukan di tempat ini. Dengan pendekatan IPTEK, kami yakin Kabupaten Bandung akan menghasilkan specialty kopi terbaik di Indonesia bahkan di dunia," katanya.

Menurutnya Kabupaten Bandung memiliki kualitas kopi dunia, dan itu sudah terbukti di beberapa kali ajang kopi baik tingkat nasional maupun internasional.

"Kelas-kelas kopi dunia sudah kita tunjukkan. Baik nasional maupun saat festival di Atlanta Amerika Serikat, dengan grade di atas 87 poin. Kehadiran TTP ini semoga bisa terus meningkatkan gradenya," ujarnya.

Bupati Bandung Dadang M Naser menambahkan, pembangunan di bidang pertanian ini nanti akan diikuti oleh bidang kepariwisataan.

Halaman
123
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved