Pemkab Bandung Gelar Jambore Bank Sampah, Bupati Ingatkan Warga Bawa Kantong Sendiri Saat Belanja

Pemkab Bandung menggelar Jambore Bank Sampah agar masyarakat semakin peduli akan lingkungan hidup.

Pemkab Bandung Gelar Jambore Bank Sampah, Bupati Ingatkan Warga Bawa Kantong Sendiri Saat Belanja
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Bupati Bandung Dadang M Naser di acara Jambore Bank Sampah. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung menggelar Jambore Bank Sampah untuk menguatkan pembangunan lingkungan hidup berbasis masyarakat di Dome Balerame, Soreang, Kamis (27/12/2018).

Pemkab Bandung memberikan bantuan kendaraan pengangkut sampah dan komputer kepada pengelola sampah.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, Jambore Bank Sampah ini menjadi momen kreativitas DLH untuk mewadahi pertukaran pengetahuan, peningkatan kapasitas, penguatan jejaring, dan penguatan komitmen serta pemberdayaan masyarakat yang mendukung pembangunan bidang lingkungan hidup (LH).

"Jambore ini juga menyampaikan pesan bahwa tata kelola LH yang baik dapat berjalan efektif ketika masyarakat mendapat ruang partisipasi yang tepat. Makanya hari ini kami libatkan semua komunitas lingkungan hidup juga seluruh pegiat bank sampah, termasuk dari akademisi," kata Dadang M Naser.

Menurut Dadang M Naser, kegiatan ini selaras dengan visi berwawasan lingkungan. Ini mengandung pengertian, daya dukung dan kualitas lingkungan harus menjadi acuan utama segala aktivitas pembangunan, agar tercipta tatanan kehidupan yang seimbang, nyaman, dan berkelanjutan.

"Implementasi program prioritas bidang LH sudah banyak, termasuk yang berbasis masyarakat seperti program RAKSA (Rumah Alam, Kakus, Sampah, Air) desa, terbentuknya kampung Saber (Sabilulungan Bersih), lahirnya Badega lingkungan juga adanya rintisan program RW zero waste," ucap Dadang M Naser.

Pada kesempatan ini Pemkab Bandung juga melakukan perjanjian kerja sama antara Pemkab Bandung dengan minimarket, supermarket, dan industri daur ulang, guna meminimalisir produksi sampah anorganik yang dihasilkan sebagai salah satu upaya terwujudnya Kabupaten Bandung bersih sampah tahun 2020.

"Jadi saya minta masyarakat kalau belanja ke mana pun, bawa kantong sendiri yang bisa dipakai lagi, jangan kresek yang sekali buang, karena pengelolaan sampah ini tanggung jawab bersama juga," ujar Dadang M Naser.

Pada Jambore Bank Sampah juga dipamerkan inovasi daur ulang sampah anorganik dengan bentuk yang beragam. Sampah organiknya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan ternak hewan dan pertanian.

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved