Sampah

Warga Keluhkan Timbunan Sampah di Pasar Tradisional Parakan Muncang [VIDEO]

TUMPUKAN sampah tersebut berada di depan pintu masuk Pasar Tradisional Parakan Muncang...

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Tumpukan sampah di sekitar pasar tradisional Parakan Muncang, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, terlihat menumpuk, sehingga dikeluhkan oleh warga sekitar.

Dari pantauan Tribun Jabar, Rabu (26/12/2018), tumpukan sampah tersebut berada di depan pintu masuk Pasar Tradisional Parakan Muncang, bahkan tumpah hingga bahu Jalan Raya Parakan Muncang.

Tidak hanya itu, tumpukan sampah tersebut dalam kondisi setelah diguyur hujan beberapa pekan terakhir ini dan mengeluarkan bau tidak sedap, sehingga warga atau pengendara terpaksa menutup hidung ketika melintas tumpukan sampah di Pasar Tradisional Cimanggung.

Dalam tumpukan sampah tersebut, sebagian besar merupakan sampah tangga berupa plastik, kertas, dan sayuran, yang dibuang oleh para pedagang dari pasar dan warga sekitar.

Seorang warga, Nani (47), mengatakan, kondisi tersebut semakin parah saat musim hujan, karena sampah semakin mengeluarkan bau tidak sedap dan dihinggapi lalat.

"Sangat risih, terus di tumpukan sampah yang becek itu, airnya selalu tumpah ke jalan, ingin muntah," kata Nani di Pasar Tradisional Cimanggung, Rabu (26/12/2018).

Warga menyebutkan, sampah yang sengaja dibuang di depan Pasar Tradisional Cimanggung, sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan belum adanya pemindahan ke lokasi baru.

Warga lainnya, Wahyudi (56), mengatakan, beberapa tahun disimpan bak kuning sebagai penampungan sampah pasar dan warga sekitar, namun masih saja banyak warga yang sengaja membuang, bukan di bak penampung.

"Sekarang semakin meluas, dahulu cuma berapa meter saja," katanya. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved