Sidak ke Disdik, Kepala BKPP Kabupaten Bandung Melihat Sejumlah Meja Kosong, 107 ASN Absen Apel Pagi

BKPP Kabupaten Bandung mencatat 107 ASN di Pemkab Bandung absen apel pagi.

Sidak ke Disdik, Kepala BKPP Kabupaten Bandung Melihat Sejumlah Meja Kosong, 107 ASN Absen Apel Pagi
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Kepala BKPP Kabupaten Bandung Erick Juriara melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Dinas Pendidikan di hari pertama masuk kerja setelah libur cuti bersama, di kompleks Pemkab Bandung, Rabu (26/12/2018). 

Laporan Wartawn Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Pascalibur cuti bersama 107 Aparatur Sipil Negera (ASN) di Pemerintah Kabupaten Bandung absen dalam apel pagi hari ini di Lapang Upakarti Pemkab Bandung, Soreang, Rabu (26/12/2018).

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bandung mengatakan tingkat kehadiaran ASN pasca cuti bersama sebesar 93,9 persen.

"Informasi yang saya peroleh dari seluruh perangkat daerah khususnya yang wajib apel pada pagi hari ini yaitu sebanyak 1.732 orang. Kemudian yang hadir 1.625 dan kemudian yang tidak hadir 107 orang. Kalau kami persentasikan peserta ASN yang hadir 93,9 persen," kata Kepala BKPP Kabupaten Bandung Erick Juriara seusai apel pagi tadi.

Alasan ketidakhadiran para ASN ini kata Erick, mereka tengah melaksanakan tugas di lapangan terkait pengamanan libur Natal dan tahun baru. Sehingga mereka absen atau izin dalam apel hari ini pascalibur cuti bersama.

"Alhamdulillah kesadaran para ASN setelah kemarin cuti bersama (bagus), pada hari ini bisa kembali melaksanakan tugas seperti biasanya," ujar Erick Juriara.

Kepala BKPP Kabupaten Bandung Erick Juriara melakukan sidak di Dinas Pendidikan di hari pertama masuk kerja setelah libur cuti bersama Natal kemarin, di kompleks Pemkab Bandung, Rabu (26/12/2018).
Kepala BKPP Kabupaten Bandung Erick Juriara melakukan sidak di Dinas Pendidikan di hari pertama masuk kerja setelah libur cuti bersama Natal kemarin, di kompleks Pemkab Bandung, Rabu (26/12/2018). (Tribun Jabar/Mumu Mujahidin)

Erick Juriara mengatakan, 107 ASN yang absen apel hari ini terdiri dari beberapa SKPD seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kebakaran, Dinas Kesehatan, Satpol PP, serta Dinas Bina Marga Kabupaten Bandung. Erick Jurirar berjanji akan memberikan sanksi tegas bagi ASN yang membandel.

"Sanksi tegas kalau ada yang tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Kami akan memberikan sanksi hukuman disiplin dengan kategori sedang, maksimal dia diturunkan pangkatnya setahun setingkat lebih rendah," ucap Erick Juriara.

Erick Juriara menambahkan menjelang tahun baru nanti tidak ada lagi libur cuti bersama. Para ASN wajib masuk pada tanggal 31 Desember nanti dan libur hanya pada tanggal 1 Januari saja. Tanggal 2 Januari para ASN wajib kembali masuk untuk melaksanakan tugasnya kembali.

"Apalagi di awal tahun banyak pekerjaan-pekerjaan yang hatus diselesaikan, baik pertanggungjawaban pekerjaan di 2018 maupun mempersiapkan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di 2019," ujar Erick Juriara.

Setelah apel pagi, Kepala BKPP melanjutkan kegiatan dengan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa SKPD, seperti di Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung.

Erick Juriara tampak mengecek setiap ruangan di Disdik dan mendapati sejumlah meja kerja yang masih kosong.

Saat dikonfirmasi terkait kosongnya meja kerja, pejabat Disdik mengatakan para ASN ini masih berada di luar untuk sarapan dan ada juga yang izin sakit serta masih dalam perjalanan atau terlambat.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved