Selama Pengamanan Natal, Kapolda Minta Polisi Jangan Jaga dan Patroli Sendirian

Semua aparat keamanan yang melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru diminta tak berjaga atau berpatroli sendirian.

Selama Pengamanan Natal, Kapolda Minta Polisi Jangan Jaga dan Patroli Sendirian
Kompas.com/ARI MAULANA KARANG
Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto berdialog dengan anggota TNI saat memeriksa kesiapan pengamanan Natal dan tahun baru di Pos Pam Limbangan, Sabtu (22/12/2018) 

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Semua aparat keamanan yang melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru diminta tak berjaga atau berpatroli sendirian.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Dilansir dari Kompas.com, imbauan tersebut terkait dengan ancaman gangguan kamtibmas yang bisa saja terjadi saat pengamanan.


"Jaga tidak boleh sendirian itu sudah SOP, dalam tugas patroli itu tidak boleh sendiri, minimal dua orang untuk melaksanakan body sistem, saling melindungi, saling mengamati, itu lebih aman," tegasnya usai meninjau kesiapan Pos PAM Limbangan Polres Garut, Sabtu (22/12/2018).

Kapolri melihat, ancaman kamtibmas paling tinggi saat ini masih tetap mengenai terorisme. Meski begitu, dirinya yakin Jawa Barat akan aman karena adanya sinergi TNI-Polri.

"Kita dalam bekerja tidak boleh under estimate, ancaman paling tinggi soal terorisme, tapi kita sudah kerjasama dengan TNI, patroli terpadu, InsyaAllah aman," tegasnya.

Rayakan Ulang Tahun, Besto Sosis Bakar Bagi-bagi Hadiah Ke Pelanggan, Pemenang Nmax asal Bandung

Pola pengamanan sendiri, menurut Agung lebih baik titik pengamanannya dikurangi, yang penting ada banyak anggota di satu titik pengamanan.

"Daripada polisinya banyak tapi satu-satu itu berbahaya, lebih bagus kita kurangi titiknya, tapi polisinya ditambah," katanya.

Operasi pengamanan libur natal dan tahun baru sendiri, menurut Agung melibatkan 27.500 lebih personel gabungan dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan dinas terkait lainnya serta organisasi masyarakat.

Sementara untuk pengamanan lalulintas Polda Jawa Barat membangun 157 Pos Pengamanan.

Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Begini Situasi Arus Kendaraan di Pantura Cirebon Arah Jawa Tengah

Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved