Pilpres 2019

Mengecek Ketahanan Kotak Suara Pemilu 2019 yang Terbuat dari Duplek [VIDEO]

MENGETES kekuatan dan ketahanan kotak suara untuk Pemilu 2019 yang terbuat dari ...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA -Mengetes kekuatan dan ketahanan kotak suara untuk Pemilu 2019 yang terbuat dari bahan dupleks, Ketua KPU Purwakarta Ahmad Ikhsan Faturrahman mendudukinya.

Pengetesan durability kotak suara berbahan dupleks untuk pemilu 2019 itu dilakukan di Gudang Logistik KPU, Jalan Kopi, Ciwareng, Babakan Cikao, Purwakarta pada Kamis (20/12/2018).

Berat badan Ahmad yang lebih dari 90 kilogram itu terbukti mampu ditopang oleh kotak suara berbahan papan kardus tebal itu.

Pada saat mendampingi pengecekan itu, Ahmad didampingi oleh Koordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Purwakarta Oyang Este Binos.

Binos pun berkesempatan ikut menduduki kotak suara dari dupleks yang diketahui bisa menahan bobot lebih dari 170 kilogram.

Seorang wartawan dari Purwakarta, Heru pun turut mencoba ketahanan berat yang bisa ditahan oleh kotak suara yang sempat menimbulkan kontoversi itu.

Kotak suara berwarna putih, bertuliskan KPU, dengan sejumlah lubang, dan plastik tembus pandang di tengahnya itu tidak mengalami kerusakan sedikit pun usai diduduki sejumlah orang.

Bahkan, kotak suara yang akan digunakan saat April 2019 itu pun diuji coba dengan siraman air.

Ahmad dan Binos pun beberapa kali menyiramkan air ke sisi-sisi kotak suara dupleks. Namun, tidak terlihat ada bekas air yang menempel bahkan masuk, tembus ke dalam kotak.

Kotak suara yang ramai diperbincangkan karena dipertanyakan kekuatannya itu pun terbukti kuat. Bisa menahan beban puluhan hingga seratusan kilogram dan tidak basah atau rusak karena cipratan air. (*)

Penulis: Haryanto
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved