Akibat Status KTP, Warsita Kesulitan Mendapatkan Layanan Kesehatan Gratis dari Pemerintah

Warsita mengatakan, ia beberapa kali mengajukan permohonan pengobatan kepada pemerintah desa, namun sama sekali tidak tanggapan.

Akibat Status KTP, Warsita Kesulitan Mendapatkan Layanan Kesehatan Gratis dari Pemerintah
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Warsita (22) 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warsita (22), seorang wanita asal Kampung Garung RT 2/8, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, yang mengalami kebutaan akibat tersengat listrik, mengaku, kesulitan mendapatkan fasilitas kesehatan gratis yang diselenggarakan pemerintah.

Hal tersebut dikarenakan dalam kartu tanda penduduk (KTP) miliknya berstatus menikah, sedangkan saat ini ia telah diceraikan oleh suaminya setelah kejadian nahas pada 2014 itu.

Warsita mengatakan, ia beberapa kali mengajukan permohonan pengobatan kepada pemerintah desa, namun sama sekali tidak tanggapan, sehingga merasa putus asa atas kondisinya saat ini.


"Waktu dibawa ke rumah sakit, saya ingin pinjam mobil desa tetapi tidak dikasih, jadinya pakai mobil tetangga, itu juga bayar," kata Warsita di Kampung Garung, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Kamis (20/12/2018).

Menanggapi hal tersebut, Kasi Kesra Desa Laksana, Jaja Januria mengatakan, status Warsita saat ini adalah janda, tetapi belum memiliki akta perceraian, sehingga menjadi kendala untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari pemerintah.

"Bantuan pemerintah akan susah kalau administrasi masih bermasalah, tetapi sekarang sedang kami bantu," kata Jaja.

Akan tetapi, kata Jaja, warga Kampung Garung bersama pemerintah Desa Laksana, saat ini sudah menghimpun dana untuk membantu Warsita hingga proses administrasi selesai.

Peredaran Miras di Purwakarta Meningkat Dibanding Tahun Lalu, Jumlah Sitaan Naik Dua Kali Lipat

"Patungan dulu dari warga, buat kebutuhannya sehari-hari dahulu saja," katanya.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved