Kembangkan Kerajinan Rajut, BUMDes Kudjang Jadi Proyek Percontohan

Produk rajut Kudjang itu sudah merambah berbagai provinsi. Bahkan produk rajut dijadikan proyek percontohan oleh pemerintah pusat.

Kembangkan Kerajinan Rajut, BUMDes Kudjang Jadi Proyek Percontohan
Tribun Jabar/ Firman Wijaksana
Para ibu di Desa Tegalpanjang, Kecamatan Sucinaraja, Garut tengah membuat kerajinan rajut, Selasa (18/12/2018). Kerajinan rajut dikembangkan BUMDes Kudjang untuk memberdayakan masyarakat desa. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kudjang di Desa Tegalpanjang, Kecamatan Sucinaraja, Garut menjadi proyek percontohan.

BUMDes tersebut berhasil mengembangkan kerajinan rajut di masyarakat.

Para ibu rumah tangga diberdayakan untuk membuat kerajinan. Mereka diberi pelatihan membuat kerajinan rajut dan bisa mendapat penghasilan tambahan.


Ketua BUMDes Kudjang, Otong, menyebut kerajinan tangan rajutan benang menjadi produk unggulan di desanya. Usaha yang dimulai sejak awal tahun ini berkembang cukup pesat.

Produk rajut Kudjang itu sudah merambah berbagai provinsi. Bahkan produk rajut dijadikan proyek percontohan oleh pemerintah pusat.

Manajer Madura FC Bikin Pengakuan Lagi: Oknum Komite Wasit Ajak Pelatih Ikut Pengaturan Skor

"Rajut ini jadi percontohan untuk daerah lain di bidang pemberdayaan masyarakat. Jadi kebanggaan bagi kami," ujar Otong di Kantor BUMDes Kudjang, Selasa (18/12/2018).

Menurutnya, banyak BUMDes dari daerah lain yang datang ke desanya. Seperti Lampung hingga Sulawesi. Mereka ingin mempelajari cara pengolahan dan pengembangan usaha rajut.

"Sudah beberapa kali ada BUMDes dari daerah lain yang study banding ke sini. Alhamdulillah kami bisa berbagi ilmu untuk pengembangan usaha. Apalagi sudah dinilai berhasil sama pemerintah," katanya.

Menjelang Natal, Pemerintah Kota Cimahi dan Polisi Segera Menyisir Gereja-gereja

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved