Pengawasan Terintegrasi Ujung Tombak Tertib Ukur

Perdagangan yang fair akan dapat dicapai salah satunya dengan adanya tertib ukur dalam transaksi jual beli. Di sinilah diperlukan peran metrologi

Pengawasan Terintegrasi Ujung Tombak Tertib Ukur
Istimewa
Logo Metrologi. Perdagangan yang fair akan dapat dicapai salah satunya dengan adanya tertib ukur dalam transaksi jual beli. Di sinilah diperlukan peran metrologi sebagai faktor penting untuk meningkatkan daya saing.

"Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial."

NEGARA telah menjamin kesejahteraan bagi rakyat sebagaimana tertera dalam kutipan alinea keempat Pembukaan UUD 1945 di atas.

Salah satu cara negara menjamin kesejahteraan rakyat dengan memajukan sektor perekonomian, khususnya perdagangan, melalui penerapan sistem perdagangan yang fair.

Dengan demikian, akan tercipta persaingan dagang yang sehat baik di dalam negeri maupun internasional. 

Indonesia sebagai salah satu negara yang menganut sistem ekonomi terbuka, perlu memberikan kepastian hukum sebagai bentuk perlindungan tak memihak terhadap pelaku ekonomi, khususnya produsen, pedagang, maupun konsumen dalam negeri. 

Ajakan Boikot Iklan Serupa Blackpink Shopee Juga Terjadi di Barat karena Merusak Mental Anak

Dipecat Persib Bandung, Mario Gomez Malah Dapat Sindiran dari Mantan Klub-nya JDT

Perdagangan yang fair akan dapat dicapai salah satunya dengan adanya tertib ukur dalam transaksi jual beli. Di sinilah diperlukan peran metrologi sebagai faktor penting untuk meningkatkan daya saing. 

Secara definisi metrologi dapat diartikan sebagai ilmu, kegiatan, teknis yang mengelola satuan-satuan ukuran, metode pengukuran, dan alat-alat ukur menyangkut persyaratan teknis dan pengukuran berdasarkan Undang-Undang No 2 Tahun 1981 tentang Meterologi Legal yang bertujuan melindungi kepentingan umum terkait pengukuran dalam transaksi perdagangan.

Standar yang dipakai melalui kesepakatan konvensi internasional yang diadakan di Paris, Prancis pada 20 Mei 1875 yang disepakati kala itu oleh 17 negara sehingga dapat diklasifikasikan menjadi Standar Internasional (SI).

Penggunaan alat ukur yang sesuai regulasi akan memberikan hasil pengukuran yang benar atau tepat sehingga menjadi jelas berapa nilai yang harus dibayar konsumen sesuai kesepakatan dalam jual beli.

Lebih dari itu, takaran sebagai campuran dalam proses produksi suatu produk akan menjadi jaminan atas komposisi, mutu, serta keandalan yang akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas barang yang diperjualbelikan. 

Halaman
1234
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved