Eddy Soeparno: Ekraf Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Daya Saing

Eddy Soeparno menilai hasil karya ekonomi kreatif (ekraf) bisa meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa

Eddy Soeparno: Ekraf Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Daya Saing
Istimewa
Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno, melihat hasil UMKM produksi lemari di Kota Bogor. 

TRIBUNJABAR.ID- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno, menilai hasil karya ekonomi kreatif (ekraf) bisa meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa. Produk-produk kreatif disebut memliki nilai budaya yang tinggi.

"Semua ekonomi kreatif tersebut ini berbasis teknologi, ilmu pengetahuan, dan warisan budaya yang berperan meningkatkan kesejahteraan dan daya saing masyarakat,” kata Kang Eddy, sapaan karibnya, Kamis (13/12/2018).

Kang Eddy, menuturkan berdasarkan data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), kontribusi yang diberikan ekraf di tahun 2017 lalu sebesar Rp 922,58 triliun. Kontribusi ekraf untuk PDB Indonesia dalam dua tahun terakhir 2016-2017 tercatat naik.

Sebagai perbandingan, kontribusi ekraf terhadap PDB Indonesia di tahun 2016 mencapai Rp 852,56 triliun. Angka itu menunjukkan, pada tahun 2017, terjadi kenaikan sebesar Rp 70,02 triliun.

"Angka-angka yang positif ini harus terus berlanjut. Harapannya sektor ekonomi kreatif ini bisa jadi andalan kita dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujar Kang Eddy.

Kubu Prabowo-Sandi Yakin Raih 50 Persen Suara di Jateng, Sekjen PDIP: Kita Buktikan di Lapangan

Ahok Bebas Januari 2019, Diminta Langsung Berpolitik, Dukung Jokowi dan Jika Menang Jadi Menteri

Tokoh Masyarakat itu mengatakan sektor ekonomi kreatif adalah bantalan perekonomian di masa krisis dan harus terus digalakkan demi kepentingan masyarakat dan negara.

Ia menyebutkan Indonesia harus membangun ekosistem ekonomi kreatif sehingga lahir produk-produk dengan berbagai nilai tambah.

Tidak menutup kemungkinan Kang Eddy akan menggandeng Bekraf untuk memberi pelatihan kepada masyarakat di daerah agar meningkatkan nilai tambah dari berbagai produk yang sudah ada.

Hal itu dilakukannya untuk menyejahterakan dan meningkatkan daya saing masyarakat di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur.

"Nanti, saya akan datangkan pengajar yang berkompeten dibidangnya untuk melatih masyarakat," kata Kang Eddy

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved