Sudah Diajukan Jadi BCB, Renovasi Kantor KPU Ciamis Dikhawatirkan Ubah Bentuk Aslinya

Disbudpora) Ciamis mengkhawatirkan renovasi kantor KPU Ciamis yang kini sudah diajukan menjadi Bangunan Cagar Budaya akan mengubah bentuk aslinya.

Sudah Diajukan Jadi BCB, Renovasi Kantor KPU Ciamis Dikhawatirkan Ubah Bentuk Aslinya
Tribun Jabar/Andri M Dani
Suasana di depan Pendopo/Kantor KPU Ciamis di Jl Sudirman Ciamis ini termasuk dari 17 bangunan kuno peninggalan kolonial Belanda di Ciamis yang sudah diteliti dan diusulkan jadi Bangunan Cagar Budaya (BCB), Kamis (6/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis mengkhawatirkan renovasi kantor KPU Ciamis yang kini sudah diajukan menjadi Bangunan Cagar Budaya akan mengubah bentuk aslinya.

“Kami khawatir renovasi bagian atap joglo kantor KPU tersebut mengubah bentuk aslinya. Sekarang yang belum terlanjur direnovasi adalah bangunan utamanya, masih bentuk asli termasuk bagian atapnya,” ujar Tetet Widianti, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Kemuseuman pada Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis kepada Tribunjabar.id Selasa (11/12/2018).

Kantor Sekretariat KPU di Jl Sudirman Ciamis tersebut menurut Tetet merupakan bangunan yang ada sejak masa kolonial Belanda yang dulunya berfungsi sebagai Kantor Kewedanaan Ciamis.

Sudah Diteliti Balar Jabar, Kantor KPU dan 16 Bangunan Kuno Ciamis Akan Jadi Bangunan Cagar Budaya

Tiang-tiang utamanya terbuat dari kayu jati berusia ratusan tahun, jendelanya dan pintunya berukuran besar lazimnya bangunan peninggalan Belanda.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan KPU agar bangunan utamanya jangan sampai direnovasi apalagi sampai diubah bentuk aslinya,” katanya. (*)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved