Meriahkan Hari Peringatan Disabilitas, Ratusan Penyandang Disabilitas Ikuti Rally Tongkat di Bandung

Di sepanjang perjalanan, rombongan peserta rally tongkat harus melewati banyak rintangan yang senantiasa mengancam keselamatan mereka.

Meriahkan Hari Peringatan Disabilitas, Ratusan Penyandang Disabilitas Ikuti Rally Tongkat di Bandung
tribun jabar/ Cipta Permana
Para penyandang disabilitas netra mengikuti gelaran rally tongkat dapat rangka peringatan hari disabilitas internasional di Gedung BRSPDN Wyata Guna Bandung, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu (11/12/2018) 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menggenakan seragam kaus berwarna biru dengan berbagai asesoris unik, ratusan warga penyandang disabilitas netra se Jawa Barat mengikuti kegiatan rally tongkat sejauh tujuh kilometer, dalam rangka peringatan hari disabilitas internasional 2018, Rabu (11/12/2018).

Mengambil titik start dan finish kegiatan di Gedung Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung, di Jalan Pajajaran, Kota Bandung, setiap regu yang terdiri dari lima orang anggota tersebut, harus menyusuri sejumlah rute ruas jalan, seperti Jalan Pajajaran, Jalan Cicendo, Jalan Kebon Kawung, Jalan Bima, Jalan Pandawa, dan kembali ke Jalan Pajajaran.


Dengan berpatokan pada lantai pemandu disabilitas (guiding block) berwarna kuning yang tersedia di atas trotoar.

Di sepanjang perjalanan, rombongan peserta rally tongkat harus melewati banyak rintangan yang senantiasa mengancam keselamatan mereka, seperti halnya pepohonan, tiang bendera, hingga beberapa jongko pedagang yang
menghalangi laju mereka, karena berada di atas trotoar. Namun hal itu tidak menghalangi niat dan semangat mereka untuk tetap mengikuti jalannya perlombaan.

Kepala BRSPDSN Wyata Guna Bandung, Cecep Sutriaman mengatakan, kegiatan rally tongkat disabilitas ini merupakan agenda rutin tahunan, dalam rangka memperingati hari jadi bagi kaum disabilitas seluruh dunia.

Adapun untuk jumlah peserta dalam kegiatan tahun ini, lanjutnya merupakan pencapaian terbaik dari tahun-tahun penyelenggaraan sebelumnya, dimana mencapai hingga 500 orang, dan berasal dari para para siswa, alumni, dan non alumni BRSPDN Wyata Guna Bandung.

Undangannya Dibatalkan Begitu Saja, PKS Merasa Dijegal Gerindra di Pencalonan Wakil Gubernur DKI

Cecep mengakatan, prestasi saat ini merupakan buah kerja keras perjuangan semua pihak selama empat tahun lalu yang sangat luar biasa.

Ia pun masih mengingat dengan jelas masa-masa sulit saat akan menggelar kegiatan bertaraf kompetisi daerah tersebut, bagaimana pihaknya harus melakukan sosialiasi dan promosi dengan mengundang berbagai insan media baik radio, TV, cetak, dan elektronik.

Bahkan, kaum disabilitas lainnya untuk ikut menyemarakan agenda tersebut.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved