Longsor Timbun Sungai Ciharus, Warga Sukaharja Baregbeg Ciamis Terancam Banjir Bandang

Tebing setinggi 35 meter longsor dan menimbun selokan (anak sungai) Ciharus di Dusun Sukaharja RT 03/02 Desa Petir Hilir, Kecamatan Baregbeg

Longsor Timbun Sungai Ciharus, Warga Sukaharja Baregbeg Ciamis Terancam Banjir Bandang
tribunjabar
Ilustrasi longsor

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Tebing setinggi 35 meter longsor dan menimbun selokan (anak sungai) Ciharus di Dusun Sukaharja RT 03/02 Desa Petir Hilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jumat (7/12/2018) pukul 17.30.

Genangan air yang muncul akibat terbendungnya aliran Sungai Ciharus itu meluber sampai ke pemukiman warga. Bahkan tiga rumah warga terancam, masing-masing milik Duli, Ibah dan Salam.

Runtuhnya tebing setinggi 35 meter tersebut menyusul terjadinya hujan lebat dan di atas tebing terdapat sawah dan kolam milik warga.

Untuk mengantisipasi terjadinya air bah atau banjir bandang menyusul terbendungnya badan Sungai Ciharus oleh timbunan longsor tersebut, warga beserta anggota TNI/Polri, Stgas BPBD Ciamis, PMI  bersiaga di lokasi kejadian.

Pensiun Saat Bela Bhayangkara FC, Vladimir Vujovic Malah Sebut Persib Bandung Tim Terbaiknya

Pada Sabtu (7/12/2018) siang, warga bergotong royong menyingkir timbunan longsor secara manual menggunakan pacul, linggis dan peralatan manual lainnya. Serta membuat saluran  darurat agar genangan akibat ruas sungai terbendung  timbunan longsor tersebut berkurang.

“Yang sangat dibutuhkan adalah alat berat untuk menyingkir puing longsor yang menimbun aliran sungai. Tapi medannya cukup sulit untuk dilalui alat berat. Saat ini warga bergotong royong membuat saluran darurat untuk mengalirkan genangan air sungai yang terbendung,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logsitik (Darlog) BPBD  Ciamis, Ani Supiani, Sabtu (5/12/20918) 

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved