Revolusi Industri 4.0 Ubah Kesempatan Kerja, Digitalisasi Jadi Kata Kunci

Pemerintah saat ini tengah gencar menggaungkan revolusi industri 4.0, sebagai cara hidup baru di lini kehidupan masyarakat Indonesia.

Revolusi Industri 4.0 Ubah Kesempatan Kerja, Digitalisasi Jadi Kata Kunci
tribunjabar/hilda rubiah
Penyampaian Diseminasi Hasil Penelitian Penelitian Pendidikan vokasi dan Kesempatan Kerja di Era Digital, di Kantor Akatiga Kota Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah saat ini tengah gencar menggaungkan revolusi industri 4.0, sebagai cara hidup baru di lini kehidupan masyarakat Indonesia.

Dengan adanya revolusi tersebut maka terjadi perkembangan informasi dan teknologi serta transformasi digital (digitalisasi) yang memengaruhi berbagai sektor kehidupan.

Tak terkecuali terdampak pula pada tenaga kerja yang mau tidak mau harus dihadapkan pada perubahan kondisi pasar kerja.

Dalam hal ini perubahan teknologi digital tersebut mengakibatkan perubahan cara-cara bekerja dari manual menjadi otomatis dan memungkinkan untuk dilakukan secara digital dan terintegrasi.

Tak lain artinya tenaga kerja di sektor industri pun merupakan satu di antara sektor yang terpapar dampak digitalisasi tersebut yang dapat merubah kondisi pasar tenaga kerja.

Devi Asiati, Peneliti Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, mengatakan digitalisasi berdampak pada perubahan kegiatan melalui alat, terutama sektor industri dengan adanya digitalisasi mengubah pula kondisi kinerja dan tenaga kerja.

Bahwa transformasi digital pada industri pun mengakibatkan perubahan produksi dan relasi tenaga kerja, termasuk teknologi, pemasaran, bahan baku dan tenaga kerja.

Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta Minta Petani Segera Tanam Padi, Begini Alasannya

Berdasarkan data perkembangan jumlah tenaga kerja pada UMKM dan Industri Besar (IB), menunjukkan terjadi diferensiasi pertumbuhan.

Sebagaimana yang diketahui saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia secara pesat terjadi di sektor UMKM (industri kecil).

Halaman
123
Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved