Ini Cara PLN UP3 Cimahi Mendukung Pelestarian Ekosistem Sungai Citarum

PLN UP3 Cimahi yang dibantu Satgas Citarum Harum Sektor 21 menanam 50 batang pohon diantaranya pohon mangga di pinggir Sungai Citarum.

Ini Cara PLN UP3 Cimahi Mendukung Pelestarian Ekosistem Sungai Citarum
Tribun jabar/ Hilman Kamaludin
Staf PLN UP3 Cimahi saat menanam pohon 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - PLN UP3 Cimahi mendukung pelestarian ekosistem di sepanjang badan Sungai Citarum yang saat ini kondisinya sedikit membaik setelah gencar dilakukan pembersihan mulai dari hulunya.

Dukungan pelestarian ekosistem tersebut dilakukan dengan cara PLN UP3 Cimahi yang dibantu Satgas Citarum Harum Sektor 21 menanam 50 batang pohon diantaranya pohon mangga di pinggir Sungai Citarum tepatnya di Daerah Nanjung, Kabupaten Bandung, Jumat (7/12/2018).


Manajer PLN UP3 Cimahi, Heru Purwoko mengatakan, hal itu sebagai bentuk partisipasi dan dukungan dari pihaknya untuk program Citarum Harum.

"Program ini merupakan bagian dari dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) karena dengan program Citarum Harum, kita berharap bisa membersihkan Sungai Citarum menjadi sungai yang bermanfaat untuk lingkungan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya sangat konsen mendukung penghijauan dan perbaikan kondisi Sungai Citarum, untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berdaya guna untuk masyarakat .

Sebab, kata dia, sungai Citarum ini memiliki sejarah panjang menjadi sumber kehidupan masyarakat, sehingga pihaknya mendukung dan berupaya keras mengembalikan kondisinya seperti sedia kala.

Danramil 0926, Margahayu, Kapten CHB Sri Nurhaeni, mengatakan, dukungan yang diberikan PLN tersebut diharapkan bisa menjadi contoh bagi pihak lainnya untuk melakukan hal yang sama.

"Upaya perbaikan kondisi Sungai Citarum ini jadi tanggung jawab semuanya, bukan hanya kami dari Satgas Citarum Harum Sektor 21, tapi didukung oleh stakeholder lainnya," katanya.

Sempat Ditertibkan Bawaslu, Poster Kampanye Masih Banyak Ditemukan di Angkutan Umum Kota Tasikmalaya

Terkait hal tersebut, pihaknya meminta agar masyarakat dan industri bisa menghentikan kebiasaan membuang sampah dan limbah langsung ke aliran sungai.

"Bisa kita lihat Sungai Citarum saat ini sudah bersih meski airnya warna cokelat, tapi tidak bau dan hitam seperti dulu. Jadi yang membuang sampah ke Sungai Citarum akan kami tindak tegas," katanya.

Irawan Maulana, Warga Garut Lolos dari Maut Saat Penembakan KKB di Papua, Begini Penuturun Keluarga

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved