Bogor Dihajar Puting Beliung, Ini Penjelasan BMKG

Menurut analisis BMKG, fenomena puting beliung berdasarkan citra satelit himawari, antara pukul 14.30 hingga 15.30 WIB.

Bogor Dihajar Puting Beliung, Ini Penjelasan BMKG
Istimewa via Tribun Bogor
Puting Beliung Bogor 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bencana alam angin puting beliung yang terjadi di Bogor, Jawa Barat merupakan fenomena peristiwa alam biasa.

Koordinator BMKG Provinsi Jawa Barat, Tony Agus Wijaya, mengatakan kronologi kejadian bencana puting beliung di wilayah Batutulis, Bogor Selatan terjadi pada pukul 15.00 WIB.

"Dampaknya menyebabkan empat mobil tertimpa pohon tumbang dan rumah rusak, atap rumah terbang ke atas," ujar Tony, saat dihubungi Tribun Jabar, melalui ponselnya, di Kota Bandung, Kamis (6/12/2018) malam.

Menurut analisis BMKG, fenomena puting beliung berdasarkan citra satelit Himawari, antara pukul 14.30 hingga 15.30 WIB.

Terpantau liputan awan konvektif dengan jenis Cumulonimbus diwilayah Kota Bogor bagian selatan. Awan tersebut menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang, puting beliung, hingga kilat atau petir.

"Terapatnya pusaran angin lemah (Eddy) di selat sunda sebelah barat Jawa. Sehingga membentuk daerah pertemuan angin (konvergensi) dan perlambatan angin di Jabar. Hal ini mendukung terbentuknya suplai awan hujan di wilayah Jabar," ujar Tony.

Tony menuturkan prakiraan cuaca mendatang masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang, kilat atau petir di wilayah Bogor dan sekitarnya. Kondisi itu diprakirakan berlangsung hingga pukul 19.45 WIB.

 Angin Puting Beliung dan Pohon Tumbang di Bogor Makan Korban Jiwa, Pengemudi Avanza Tewas

 Angin Puting Beliung Terjang Bogor, Pohon Beringin Tumbang Timpa 2 Angkot

Menurutnya, BMKG mengimbau pada masyarakat agar tetap tenang dan waspada. Menjauhi pohon-pohon yang rindang atau bangunan-bangunan yang rapuh. Serta mengusahakan tidak keluar rumah disaat hujan lebat disertai angin kencang, dan petir.

"Bagi pengendara bisa menghindari genangan air dan tidak berteduh dibawah pohon saat hujan lebat disertai angin," katanya.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun Tribun Jabar, satu pohon beringin berukuran besar di Jalan Lawang Gintung dekat SD Lawang Gintug 1, Bogor Selatan, Kota Bogor, tumbang sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis (6/12/2018).

Pohon beringin tumbang menimpa dua angkutan umum yang sedang melintas. Tak hanya di Lawang Gintung, kejadian hujan deras dan angin puting beliung serupa juga terjadi disejumlah wilayah Kota Bogor.

Kejadian hujan deras disertai angin kencang membuat atap rumah hingga pohon tumbang.

Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved