Uu Akan 'Paksa' Pemerintah Pusat Dukung Pemekaran 12 Dareah Otonomi Baru di Jabar

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendorong dengan keras supaya pemerintah pusat menyetujui pembantukan Daerah Otomomi Baru (DOB)

Uu Akan 'Paksa' Pemerintah Pusat Dukung Pemekaran 12 Dareah Otonomi Baru di Jabar
Tribun Jabar/Theofilus Richard
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, saat ditemui wartawan setelah peluncuran program Ajengan Masuk Sekolah di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Bandung, Kamis (22/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendorong dengan keras supaya pemerintah pusat menyetujui pembantukan Daerah Otonomi Baru (DOB) atau Pemekaran daerah di Jabar.

Rencanamya akan ada 12 DOB yang diusulkan sesuai dengan janji kampanye Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengaku akan terus mengupayakan realisasi program tersebut. Bahkan, dirinya akan sedikit memaksa untuk merealisasikan janji kampanyenya tersebut sesuai peraturan yang berlaku.

"Sekarang sedang dikomunikasinkan dengan pemerintah pusat. Yang jelas Jawa Barat akan maksa," ujar Uu di Gedung Sate, Kamis (6/12).

Uu mengatakan pemekaran daerah ini sangat penting dan dibutuhkan di Jabar. Tujuannya agar pembangunan di Jabar merata dan mendapat porsi pembangunan yang lebih besar.

Dengan demikian, kata Uu, masyarakat akan memiliki solusi untuk meningkatkan kesejahteraannya. Karena itu, dia berharap pemerintah pusat dapat menyambut baik rencananya ini.

"Kenapa dihambat. Kalau begitu berarti tidak pro untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Uu menanggapi kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam memekarkan daerahnya.

Uu mengatakan terus menggodok upaya ini. Koordinasi dan komunikasi kepada pemerintah pusat pun gencar dilakukan. Dari 12 daerah di Jawa Barat yang masuk rencana pemekaran, dia katakan, baru diprioritaskan 3 daerah sebagai tahapan awal.

Pemprov Jabar Akan Gelar Musabaqah Qiraatil Kutub di Pusdai, Ini Tujuannya

Jokowi-Uu Ruzhanul Ulum Asyik Ngobrol, Jokowi ke Bandung Hadiri Apel Danrem Dandim

Meski begitu, pihaknya akan mendorong terus 12 DOB di Jabar ini. Bagaimanapun dengan adanya pemekaran, katanya, keinginan maupun aspirasi masyarakat bisa lebih terakomodasi dengan baik.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved