Tribun Health

Perbedaan Hamil Anak Pertama dengan Anak Kedua, Jarang Ada yang Menyadari Hal Ini

Kehamilan adalah satu proses alamiah yang terjadi pada seluruh wanita, meskipun terkadang dapat dibedakan berdasarkan kesehatan masing-masing.

Perbedaan Hamil Anak Pertama dengan Anak Kedua, Jarang Ada yang Menyadari Hal Ini
tribunjateng/dok
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.ID - Kehamilan pertama seringkali ditanggapi dengan kecemasan dan kekhawatiran, kurangnya pengetahuan dan pengalaman calon ibu menjadi alasan adanya tekanan mental yang menganggu kesehatan psikis ibu hamil.

Riwayat kesehatan di kehamilan pertama dapat dijadikan acuan untuk kehamilan selanjutnya, betulkah kehamilan kedua lebih mengasyikan dibandingkan dengan kehamilan pertama?

Kehamilan adalah satu proses alamiah yang terjadi pada seluruh wanita, meskipun terkadang dapat dibedakan berdasarkan kesehatan masing-masing.

Sedangkan pengertian lainnya mengenai kehamilan yaitu berhubungan dengan perkembangan embrio di dalam tubuh calon ibu yang terjadi (normal) 40 minggu dari terakhir datang bulan hingga terjadinya kelahiran Riwayat kesehatan satu ibu dengan ibunya berbeda.

Hal ini berhubungan dengan genetik, kesehatan ibu, kesehatan janin atau gaya hidup. Kehamilan juga ditentukan oleh kesuburan wanita, selama wanita mengalami menstruasi masih ada kemungkinan pembuahan (kehamilan) terjadi.

Beberapa ibu hamil mengeluhkan kondisi kehamilan pertama, berbeda dengan kehamilan kedua yang dirasakan lebih tenang dan mengasyikan.

Kebanyakan ibu hamil merasakan perasaan yang lebih nyaman dikehamilan kedua hal ini dikarenakan pengalaman menyenangkan sebelumnya.

Sehingga penting bagi ibu hamil dapat menjaga fisik dan psikis sehingga mengurangi masalah kesehatan dan menjadikan pengalaman yang menyenangkan untuk kehamilan selanjutnya.

Akan tetapi masih ada pula ibu hamil yang masih merasakan kekhawatiran di kehamilan kedua.

Hal ini dikarenakan beberapa perubahan baik secara fisik, berhubungan dengan berat badan yang semakin bertambah pada ibu hamil di kehamilan selanjutnya, usia yang semakin bertambah, beberapa kondisi kesehatan yang mulai terganggu atau juga perubahan hormon yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan kehamilan pertama.

Halaman
123
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved