1 Rumah Tertimbun, 9 Rumah Terancam Longsor Susulan di Kampung Cibolohontok Cikalongwetan KBB

Longsor yang terjadi di Kampung Cibolohontok, RT 03/15, Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB)

1 Rumah Tertimbun, 9 Rumah Terancam Longsor Susulan di Kampung Cibolohontok Cikalongwetan KBB
Tribunjabar/Nandri Prilatama
Longsor terjadi di Kampung Cibologontok, RT 3/15, Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kamis (6/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, CIKALONGWETAN - Longsor yang terjadi di Kampung Cibolohontok, RT 03/15, Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengakibatkan satu rumah rusak berat dan 9 rumah terancam longsor, Kamis (6/12/2018).

Kasi Trantibum Kecamatan Cikalong Wetan, Pipin Irawan mengatakan longsor tebing sepanjang 20 meter dengan tinggi 15 meter, berawal dari intensitas hujan yang tinggi pada Rabu (5/12/2018) malam.

"Tadi longsor jam 07.30 wib karena kemarin hujan deras sejak pagi hingga Kamis dan menimbun satu rumah," katanya melalui sambungan telepon, Kamis (6/12/2018).

Rumah yang tertimbun longsoran tanah milik Subaryat (61) yang dihuni oleh dua orang. Sementara sembilan rumah lainnya, kata Pipin terjadi retakan tanah.

Begini Kronologi Sopir Taksi Online yang Dihadang Sejumlah Orang di Pangkalan Ojek Pasir Impun

"Dua unit rumah terancam gerusan longsoran dan satu unit rumah rusak berat, tujuh rumah terancam pergeseran tanah, dengan tanda-tanda retakan pada rumah dan retakan pada tanah yg melintang secara vertikal," katanya.

Berikut 28 Nama Korban Perkerja Istaka Karya yang Bekerja di Nduga, Ada yang Masih dalam Pencarian

Pipin juga menyebut petugas gabungan bersama warga telah melakukan evakuasi pembersihan material tanah di rumah yang terdampak dan mengimbau penghuni rumah untuk mewaspadai pergerakan tanah manakala hujan deras kembali turun.

"Kontur longsoran berupa tebing dengan kondisi tanah masih labil, kami imbau mengungsi jika terlihat tanda pergerakan tanah maupun turun hujan deras kembali," katanya.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved