Untuk Menata Kawasan Bandung Raya, Pemprov Jabar Belajar ke Metro Portland Amerika Serikat

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadikan pengelolaan Metro Portland Oregon di Amerika Serikat sebagai contoh untuk menata wilayah

Untuk Menata Kawasan Bandung Raya, Pemprov Jabar Belajar ke Metro Portland Amerika Serikat
istimewa
Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Jabar Iwa Karniwa dan rombongan Pemprov Jabar saat bertemu dengan Senior Public Affairs Cordinator Communications Mr Ren Kay di kantornya Metro Portland, Oregon, Amerika Serikat, Selasa (4/12/2018) waktu setempat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadikan pengelolaan Metro Portland Oregon di Amerika Serikat sebagai contoh untuk menata wilayah Cekungan Bandung atau Bandung Raya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar, Iwa Karniwa, pun memimpin rombongan Pemprov Jabar untuk bertemu dengan Senior Public Affairs Cordinator Communications Metro Portland, Ren Kay, di kantornya di Oregon, Amerika Serikat, Selasa (4/12/2018) waktu setempat.

"Bentuk Metro Portland hanya ada satu di Amerika dan berhasil sebagai yang terbaik di dunia karena mampu menata enam distrik atau kota di wilayah negara bagian Oregon,” katanya melalui siaran pers yang diterima, Rabu (5/12).

Metro Portland dianggap yang terbaik mengingat rumitnya pengaturan pola hubungan kota metro dan negara bagian di Amerika Serikat. Dalam mengatur dan mengkoordinasikan enam distrik yang ada tersebut, Tom Hughes memimpin sebagai Council President, lalu masing-masing distrik mengirimkan 1 orang perwakilan dan satu orang metro auditor.

“Ke delapan orang itu dipilih melalui pemilihan rakyat yang bersangkutan,” kata Sekda.

Buat Warga Kota Bandung, Hari Ini Bisa Perpanjangan SIM di Dua Lokasi Ini

Sekda Iwa menambahkan penjelasan ini sangat penting untuk masukan dalam rangka menata cekungan Bandung atau Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang, sesuai Perpres nomor 45 tahun 2018 tentang Rencana Tata Ruang dan Rencana Wilayah Cekungan Bandung.

Setelah mendapat penjelasan cukup lama, Iwa kemudian melihat langsung implementasi pemanfaatan tata ruang dan pengendalian Metro Portland, serta pola transportasi yang terintegrasinya. Yang menarik, katanya adalah cable car yang menampung 60 orang sekali angkut dan cepat.


Menurutnya studi banding yang merupakan penugasan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil tersebut akan makin komprehensif mengingat pada Rabu (5/12/2018) waktu setempat pihaknya diundang secara khusus untuk bertemu Tom Hughes dan enam perwakilan distrik lainnya.

“Sehingga Insyaallah bisa melihat pola interaksi dan strategi bagaimana mereka lebih memajukan Metro Portland, dan kami membawa masukan yang komprehensif untuk dilaporkan pada Pak Gubernur untuk menata Bandung Raya,” katanya.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved