Murid SDN Sukahegar di Cianjur Ini Resah, Tambang Galian C di Dekat Sekolahnya Sangat Mengganggu

Sejumlah guru dan murid di SDN Sukahegar, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, resah dan merasa terganggu oleh keberadaan aktivitas

Murid SDN Sukahegar di Cianjur Ini Resah, Tambang Galian C di Dekat Sekolahnya Sangat Mengganggu
tribunjabar/ferri amiril mukminin
Tambang Galian C 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Sejumlah guru dan murid di SDN Sukahegar, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, resah dan merasa terganggu oleh keberadaan aktivitas pertambangan galian C yang jaraknya hanya sekitar 5 meter dari bangunan sekolah.

Tak hanya membahayakan murid yang bisa saja jatuh ke jurang pertambangan saat bermain, debu pasir dari lokasi galian kerap beterbangan mengganggu pernapasan, kondisi itu semakin parah karena jika terus-terusan dikeruk bukan tak mungkin bangunan sekolah tersebut akan terbawa longsor.

Jalan perkampungan yang dilintasi oleh kendaraan pengangkut material pertambangan pun, sebagian dalam kondisi rusak berbatu dan berdebu.

"Kondisi ini sudah berlangsung lama, sangat merugikan, tetapi tak bisa berbuat banyak, kadang-kadang saya berpikir yang kasihan itu anak-anak," kata Kepala SDN Sukahegar Endang Hikmat di lokasi, Rabu (5/12/2018).

Menanggapi hal tersebut Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur akan segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait aktivitas galian C yang membahayakan aktivitas belajar mengajar di SDN Sukahegar, Kecamatan Cilaku.

Irma Suryani dan Fadli Zon Debat Panas di ILC, Aa Gym Berdiri Melerainya, Pak, Bu Tolong, Ini Malu

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi mengatakan, pihaknya baru mengetahui ada aktivitas galian C yang mengganggu akivitas belajar mengajar di SDN Sukahegar.

"Secepatnya kami akan melakukan koordinasi baik dengan kepala sekolah, kepala desa, camat hingga pemilik galian C itu sendiri, mudah mudahan mereka juga paham terkait kondisi di sekolah itu," katanya, Rabu (5/12/2018).

Cecep mengatakan, meski belum ada laporan resmi dari pihak sekolah, pihaknya akan segera mengecek lokasi tersebut karena berdasarkan informasi aktivitas galian C tersebut mengganggu aktivitas belajar mengajar.


"Hari ini juga kami akan cek ke sana, karena aktivitas belajar mengajar jangan sampai terganggu dengan adanya galian C," katanya.

Menurut Cecep, setelah dilakukan pengecekan Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur akan langsung melakukan koordinasi dengan perizinan.

"Kami harus mengetahui terkain Izin penambangan pasir itu, dan mudahan izinnya tidak sampai membongkar sekolah," katanya

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved