Keluarga akan Perjuangan Nama Raden Dewi Sartika sebagai Nama Bandara di Kertajati Majalengka

Pertimbangan itu satu di antaranya datang dari pengajuan sosok Pahlawan Nasional Perempuan Jawa Barat, Raden Dewi Sartika.

Keluarga akan Perjuangan Nama Raden Dewi Sartika sebagai Nama Bandara di Kertajati Majalengka
tribunjabar/hilda rubiah
Para peserta acara berfoto bersama di pameran tentang Raden Dewi Sartika 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Majalengka saat ini masih belum ditetapkan.

Pada kepemimpinan Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat, sebelumnya mencuat nama Abdul Halim tokoh pahlawan Majalengka sebagai nama resmi BIJB Kertajati.

Namun demikian setelah beralih kepemimpinan Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat saat ini muncul pertimbangan pengajuan kembali nama tokoh pahlawan lainnya.

Pertimbangan itu satu di antaranya datang dari pengajuan sosok Pahlawan Nasional Perempuan Jawa Barat, Raden Dewi Sartika.

Adapun pengajuan itu didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida dan keluarga Dewi Sartika yaitu Yayasan Awika (Ahli Waris Pahlawan Nasional Dewi Sartika dan Agah Suriawinata).

Ida Hernida mengatakan sah baginya untuk mengajukkan pengabadian nama Dewi Sartika untuk BIJB Kertajati.

Emil Dardak Suami Arumi Bachsin, Keturunan Terpandang dan Sepak Terjangnya Tak Bisa Diremehkan

Pihaknya berharap pengajuan tersebut dapat dilakukan dan ditanggapi secara resmi, dan tengah diupayakan.

"Kertajati memang masih Bandara Kertajati, dari masyarakat Majalengka memang mengusulkan pahlawan dari Majalengka, tetapi tidak ada salahnya kalau dasarnya untuk menghargai sosok perempuan Jawa Barat yang sudah menjadi panutan," ujarnya.

Senada dengan dukungan Disparbud Provinsi Jawa Barat, pihak keluarga Dewi Sartika yaitu Yayasan Awika (Ahli Waris Pahlawan Nasional Dewi Sartika dan Agah Suriawinata), sementara itu pun tengah berjuang mengupayakan proses pengajuan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved